Yuk Cari Promo Tiket Air Asia Untuk Mendaki Gunung Cantik di Jawa Timur

Liburan itu menyenangkan kawan. Seharian dengan aktivitas rutin dari Januari hingga Desember, disela-selanya pasti membutuhkan asupan suasana dan kesegaran lain dengan liburan. Buat saya, liburan adalah sebuah cara mencharge jiwa dan biasanya sih saya isi dengan traveling. 

Traveling saya, agak unik dibanding orang lain. Saya lebih sering menjadikan traveling saya sebagai ajang kontemplasi. Memandangi indahnya matahari terbit dan tenggelam diantara kabut pagi dan warna jingga senja, dari balik bukit dan gunung yang entah dimana. Tak terbayangkan. Tak terbantahkan ia menyentuh jiwa saya dengan beberapa bait renungan tentang kehidupan masuk didalamnya.

Sebab suka traveling dengan suasana kontemplatif itu, entah saat liburan pertengahan tahun atau di akhir tahun, saya suka traveling ke Gunung. Banyak banget kan gunung-gunung yang cantik dan suasana kontemplatif yang keren untuk didatangi. Nah, sebagai salah satu alternatif kamu bisa ke Jawa Timur yang memiliki banyak sekali gunung-gunung cantik. Simak tentang Gunung-gunung cantik di Jawa Timur berikut ini ya....  


sumber:ayonews.com

Jawa Timur seakan tidak pernah kehabisan tempat-tempat wisata alam berupa pegunungan. Apalagi Jawa Timur memiliki bentang busur gunung-gunung api yang masih aktif hingga tidak aktif. 

Namun, memulai perjalanan mengunjungi deretan gunung di Jawa Timur punya waktu tertentu. Bulan Maret hingga Agustus merupakan waktu yang tepat untuk menjelajahi gunung di Jawa Timur. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memesan tiket pesawat Air Asia khususnya menuju Jawa Timur dari jauh-jauh hari sebelum berpetualang di gunung-gunung ini.

Apalagi tiket pesawat Air Asia dikenal cukup bersahabat di kantong wisatawan dan banyak promonya! Oleh karena itu, sekarang waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawat dan kemudian melakukan perjalanan wisata di gunung-gunung Jawa Timur

Pendaki Pemula Wajib Mencoba Deretan Gunung di Jawa Timur Ini

Beberapa dari kita tentunya sudah pernah mendengar gunung-gunung cantik seperti Bromo, Semeru hingga Gunung Ijen yang memiliki keunikan tersendiri. Apalagi jalur pendakiannya pun cukup mudah dilakukan oleh para pendaki pemula. Namun, tidak hanya tiga gunung tadi yang wajib dicoba, khususnya oleh para pendaki pemula. Masih banyak terdapat gunung-gunung cantik lainnya dengan jalur pendakian yang mudah untuk dilalui, dan yang paling penting, deretan gunung ini menyimpan pesonanya sendiri. Apa saja yang wisata-wisata gunung di Jawa Timur selain Bromo atau Semeru? Berikut pilihannya:

1.Gunung di Malang


sumber:gardanasional.id

Berbicara kota Malang, di Jawa Timur, maka banyak orang yang mengatakan bahwa Bromo adalah gunung terdekat dari kota Apel tersebut. Namun, dibalik itu semua terdapat dua gunung yang bias dijelajahi selama di Malang selain Bromo.

Gunung tersebut adalah Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl, Gunung Penanggungan yang tingginya 1.653 mdpl, dan Gunung Welirang dengan ketinggian 3.156 mdpl.  Bagi yang baru pertama kali ingin mendaki gunung, maka Arjuno, Penanggungan dan Welirang adalah pilihan yang tepat. Jalurnya pun tidak terlalu berat untuk dilalui, khususnya Penanggungan yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 hingga 40 menit dari kaki gunung.

Terdapat empat jalur yang bisa kita lalui jika ingin menjelajahi kedua gunung ini dalam waktu yang berdekatan.  Mulai dari jalur, Tretes, Lawang, Purwosari, dan dari kota Batu. Selain itu, kedua gunung ini dapat saling dilihat ketika berada di salah satu puncaknya. Secara umum, perkiraan untuk mendaki ketiga gunung ini dalam waktu yang bersamaan akan memakan waktu 7 hingga 10 hari.

Ketiga gunung ini punya pemandngan yang unik dan khas. Jadi, jika ingin mencoba melewati rintangan gunung-gunung di Malang, jangan lupa persiapkan jatah cuti atau waktu libur yang panjang agar kita bisa puas menikmati keindahannya.


2. Gunung Liman

sumber:gunungbagging.com

Gunung berikutnya yang wajib dicoba untuk pendaki pemula di Jawa Timur adalah Gunung Liman. Gunung yang memiliki ketinggian 2.563 mdpl ini tidak terlalu tinggi. Hanya saja jalur perjalanannya cukup berat, namun dirasa sangat pas bagi yang pertama kali ingin mencoba mendaki gunung.

Toh, pendaki pemula sebaiknya ikut mengenal berbagai macam rintangan yang harus dilalui ketika akan mendaki gunung. Gunung ini terletak di tenggara kota Madiun, atau lebih dekat ke arah Nganjuk. Meskipun punya tantangan tersendiri karena medannya yang dirasa cukup berat, namun wisatawan dapat melihat pemandangan rerumputan serta ilalang yang tinggi dan masih hijau di sekitar pengunungan.

Bahkan sebelum mendaki atau setelah selesia menjeljahi pegunungan, para pendaki atau wisatawan dapat menginap di rumah-rumah penduduk yang berada di sekitar kaki gunung Liman.


3. Gunung Argopuro

sumber:batcaveminis.blogspot.com

Beralih ke Probolinggo, di daerah ini terdapat sebuah gunung yang sering disebut menyimpan banyak misteri. Gunung ini bernama Argopuro dan memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl dengan puncak gunung bernama Rengganis.

Meskipun cukup tinggi, dan rintangannya cukup berat, namun, selama perjalanan kita bias menyaksikan berbagai tempat-tempat wisata yang masih jarang diketahui oleh orang lain. Misalanya danau Taman Hidup, hutan hujan tropis, hingga hutan lumut. 

Bahkan ketika melewati jalur Baderan pendaki atau wisatawan yang beruntung akan bertemu dengan sebuah padang sabana Cikasur. Disini kita bisa melihat berbagai satwa liar berinteraksi seperti rusa, babi hutan hingga burung merak yang cukup langka.

4. Gunung Lemongan
sumber:backpackerjakarta.com

Gunung berikutnya yang wajib dicoba untuk pendaki pemula adalah gunung yang terletak di dua wilayah yaitu Lumajang dan Probolinggo. Gunung Lemongan namanya, dan memiliki ketinggian hanya 1.651 mdpl dengan puncak yang diberi nama Tarub. Jarak dari kaki gunung untuk mencapai puncak pun bisa ditempuh dalam waktu 30 hingga 40 menit.

Selama perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh padang rumput yang masih segar dan hijau serta beberapa batuan-batuan yang tidak beraturan, namun tetap cantik untuk dipadang dengan mata. Selain itu terdapat pula hutan hujan basah yang menghasilkan “Sumber tetes Mata Air Guci” yang berasal dari sebuah akar pohon dan ditampung dalam sebuah guci.


Jadi, tunggu apa lagi, pesan tiket pesawat Air Asia sekarang juga dan jelajahi daerah-daerah   seperti Malang, Probolinggo dan Lumajang untuk mendapatkan pengalaman mendaki gunung yang cantik di Jawa Timur. Salam.

Comments

  1. Selalu salut sama orang-orang yang cinta sama gunung, gemar mendaki gunung, karena aku naik ke lantai 2 rumah aja udah enggap hwhwhw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka gunung yan tapi gak kuat lagi mendaki. Traveling dengan pemandangan gunung tetap menarik, terutama memandangi sunrise dan sunset dari kaki gunung 😊

      Delete
  2. Saya pernah ke Malang Mba.. Nyaman banget krn udaranya bersih dan dingin.. Kotanya adem, pemandangannya asri krn dikelilingi pegunungan.. Tapi saya blm pernah naik gunung.. Pengen liburan nanti travelling ke daerah yg byk gunungnya..biar ganti suasana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malang kece banget emangba. Tahun 2015 saya menyusuri Jawa Timur dari Pandaan sampe Malang, gunungnya keren 👌

      Delete
  3. walau aku bukan anak gunung, tapi suka bae umek kalo diajak jalan-jalan ke gunung.. haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts