Mengunjungi Wisata Religi Al Qur'an Akbar Palembang




Pada akhirnya, sampai juga saya ke salah satu spot wisata religi di Palembang ini. Haiyah, kalah saya sama wisatawan Malaysia.

Lokasinya pas di Pondok Pesantren Modern IGM Al Ihsaniyah, kecamatan Gandus, Palembang. Kalau traveler langsung dari bandara SMB II, tinggal naik Trans Musi, biaya Rp.5.500 lalu berhenti di halte Musi II Lanjut naik angkot (Rp.4.000) menuju lokasi. Selain itu bisa naik taksi argo. Bisa pula gojek atau gocar. Biaya masuk ke Bayt Al Qur'an Akbar ini hanya Rp.5.000 per kepala sebagai infaq.

Karena saya tinggal di Palembang, ya gampanglah. Seusai parkir di pesantren, kami langsung menuju gedung tempat Al Qur'an Akbar itu berada. Kebetulan hari minggu, pengunjungnya sangat ramai gaes. Sejak diresmikan pada Tahun 2012, meski belum sempurna aksesnya dia berkembang sangat pesat. 

Mungkin karena satu-satunya di dunia dimana mushab Al Qur'an dipahat di atas kayu seukuran pintu rumah. Kayu yang digunakan adalah kayu lokal Sumsel, yaitu kayu Tembesu (Trembesi). Konon pengerjaannya rumit dan memakan waktu lebih dari 4 tahun. Bayangkan bait ayat Al Qur'an dibuat pola, diteliti kebenaran isi ayatnya baru dipahat di atas kayu tembesu itu. Ide brilian Pak Syofwatilah yang didukung Pemerintah Kota dan Provinsi, juga para sponsor. Untuk pahatan ayat AL Qur'annya saja kabarnya menghabiskan dana sekitar 1,2 7M. 

Memandangi ayat-ayat suci Al Qur'an dipahat di atas kayu dengan warna emas itu membuat saya bergidik dan berdecak kagum. Menyentuh jiwa. Subhanallah. Pantas saja tempat ini digemari wisatawan. 

Semoga Al Qur'an raksasa ini mampu pula menyentuh jiwa para pengunjungnya untuk mengamalkan ajaran Islam, isi Al Qur'an itu dengan baik, aamiin YRA. 


Begitulah. Kalau kebetulan sedang ke Palembang, jangan lupa ya kunjungi tempat ini kawan. Salam.





Comments

  1. Saya sering membaca tulisan teman-teman yang bercerita mengenai tempat ini Bayt Al Qur'an Akbar
    -
    Beberapa kali ke Palembang belum sempat ke sana
    Suatu saat ingin juga saya ke sana

    Terima kasih infonya ya Yuk ...

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau kenPalembang jangan lupa mampir kesini ya pak 🙏

      Delete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts