Cuko Pempek Enak Tanpa Micin, Bisa Kok

Pertama, saya gak anti Mecin ya. Kadang kalau masak untuk orang banyak, karena permintaan kolega (teman memasak), ya dikasih mecin juga, tapi sedikit. Khusus Cuko Pempek Palembang, yang banyak orang bisa bikin, dan membuatnya dengan versi masing-masing, saya punya pakem sendiri. Tanpa micin. Mau tau, cuss lanjut baca

Kenapa saya punya Pakem Cuko Pempek itu harus tanpa Micin ? banyak alasannya. Berikut saya jabarkan versi saya

  1. Mengurangi Pemakaian Micin. Sebab saya yakin, pempeknya (entah yang pakai ikan atau tanpa ikan) biasanya sudah memakai micin. Maka cukuplah pempek saja yang sudah mengandung micin, cukonya... sebaiknya gak pake micin. Kenapa pemakaian micin harus dikurangi? kan banyak yang bilang micin aman, dan sebagainya. Meski kadang Debatable antara aman dan tak aman, saya percaya bahwa kadar berlebihan, apapun itu, entah garam, gula, termasuk micin itu berbahaya, maka mengurangi pemakaian adalah cara terbaik.
  2. Meningkatkan kemampuan mengatur komposisi bahan. Cuko enak itu, bisa enak alamiah tanpa menggunakan micin, asal kita tau komposisi dan proporsi bahan-bahannya dan metodanya. Ini yang harus dilatih. Memasak itu harus sabar. Memasak juga harus jeli dan dengan hati. Ketika bikin cuko pertama kurang enak, ya cari tau cara supaya enak. Bisa dengan tanya-tanya kolega, keluarga dan teman yang biasa membuat cuko pempek. Bisa juga dengan membaca-baca literatur, dan cara lain. tentunya ini berlaku untuk mereka yang memang suka memasak, passionnya memasak. Ada banyak tulisan tentang cara membikin cuko enak tanpa micin, kalian googling aja. Ada yang bilang perpaduan gula, ebi dan bawang putih. Saya sepakat, kecuali ebi, he, saya bikin cuko gak pakai ebi. Menurut saya Cuko enak itu gak tergantung ebi, tapi sangat tergantung kesegaran dan kualitas bahan, komposisi dan metoda pencampurannya. Syarat Bikin Cuko Palembang Enak (kentel, Masem pedes - manis yang imbang ) salah satunya adalah tergantung gula merahnya. Pastikan gula merahnya gula merah yang bagus, tidak gosong, dia teksturnya lembek dan tidak berbutiran kristal seperti gula pasir. Saya biasa menggunakan Gula Batok Linggau karena warnanya gelap, tidak gosong, teksturnya tidak berpasir melainkan lembek sehingga kalau dibikin cuko bisa kental, gurih manis). Gak harus gula Batok Linggau ya, bisa gula  merah yang lain asal kondisi seperti tadi. Kemudian, cabenya cabe rawit yang memang untuk cuko. Jangan pakai cabe setan atau cabe burung karena akan membuat cuko menjadi bau angur. Cabe rawit tadi, boleh dicampur sedikit cabe merah. Komposisi Gula Aren dengan air harus imbang, jangan kebanyakan air. Misal 1 (satu) panci kecil air, maka gula merahnya 1 (satu panci kecil juga maka dijamin cukonya akan kental ( proporsi  1 panci gula merah : 3/4 panci air, cuko akan makin kental). Kemudian lagi, bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan dimarinasi (dicampur, kemudian dibiarkan dan disimpan di chiller kulkas) dulu air asam jawa dan dengan sedikit garam, paling tidak 30 menit. Barulah dimasukkan ke panci rebusan gula merah dan air. Begitu masuk campuran marinasi gerusan cabe rawit, bawang putih, air asam jawa dan garam) matikan kompor. Biarkan dingin, setelah dingin baru dicicip. Saat masih panas, performa cuko belum siap, dia masih berproses membentuk rasa. Jika setelah dingin dan diciicp, kurang garam atau asam, bisa diambil sedikit lalu tambahkan bahan yang kurang, baru dicampur ke panci besar lagi. Sejauh ini takaran resep saya pas.
  3. Meningkatkan rasa percaya diri. Kalau sudah terlatih bikin cuko pempek dengan mengedepankan kesegaran dan kualitas bahan, kompoisis dan metoda pencampuran, dijamin cuko pempeknya enak meski tanpa micin. Dan ini saya yakin akan meningkatkan rasa percaya diri kalian. Masak enak, bisa kok meski tanpa micin.
  4. Meningkatkan kenyamanan Saat Ngirup Cuko. Wong Plembang itu makan pempek buka dicocol aja ke cuko ya, tapi dengan ngirup ( menghirup) cukonya. Nah kalau cukonya bersih, bahan bahan segar, tanpa micin, pastilah kita merasa nyaman saat ngirup cuko itu. He, tentunya ini hanya berlaku bagi mereka yang punya pakem Cuko pempek harus Tanpa Micin ya. Swear, saya agak gimana  liat orang ngirup cuko sementara tau cukonya pakai micin. 
Begitulah. Hanya pendapat pribadi dari balik meja saya ini. Gegara liat ada chef seliweran di IG dan tiktok saya ngajari bikin cuko pempek enak pake micin, apaaah ? 

Enak tidak enak itu soal selera. Tapi bagi yang mau mencoba cara saya, sok atuh tinggal praktek aja poin-poin di atas. Saya yakin kalau kalian sudah bisa bikin cuko enak tanpa micin, pasti akan lebih sehat, ngirup cukonya akan terasa nyaman tanpa rasa khawatir. Mudah kok bikin cuko pempek enak tanpa micin. Salam Cuko Pempek Kentel, Pedes-masem-manis  imbang sedap. 

Mau liat resep Cuko Pempek saya di Cookpad, DISINI ya. 





Comments

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.