Ini Dia Beda Kaya dan Srikaya

Sungguh, menyaksikan roaming yang gak perlu itu agak membuat saya seperti pengen pergi liburan ke Bhutan, ngopi sambil  memandang pepohonan hutan sepi di lereng gunungnya. Hiks, seandainya bisa. 

Lebay ya. Ya, kita memang penuh gejolak, he. Entah sebab beda pengalaman, latar belakang dan lain sebagainya.  Tetapi beda itu banyak manfaatnya, memperkaya. 

Pun ketika sedang menghadapi setangkup roti dengan selai Kayanya itu, hohoho.

Tau selai Kaya kan gaes ? Tau dong. Nah ini dia yang akan saya bahas, tentang Beda Srikaya dan Kaya, juga bagaimana selintas sejarahnya. Saya tepiskan dulu banyaknya judul artikel teknik SEO yang  beredar, seperti ,"Taukah Kamu, Srikaya itu Bukan dari Buah Srikaya " 

Apaaaah?  Bew

Ya tentu saja gak ada hubungan antara penganan Srikaya dengan Buah Srikaya. Itu orang-orang latah aja, ikut-ikutan orang membuat judul itu.  Bisa jadi karena sebagian besar kita memang masih awam dengan kuliner Selai Kaya atau Srikaya. Entahlah. .

Kembali ke judul, mari kita bahas beda antara Kaya dan Srikaya.

Beda Kuliner Kaya dan Srikaya

Kaya itu Selai dari kuning telur, gula dan sedikit santan yang dimasak di wajan hingga mengental hinggu teksturnya seperti selai. Ini menurut saya. Kaya itu selai yang populer di Semenanjung Melayu, Malaysia, Singapore bahkan ke Riau, Medan dsb. 

Selai Kaya atau Srikaya
Sumber Foto: Disini

Kenapa disebut Kaya...? karena bahannya kaya, rich ingredient, dengan kuning telur, gula pasir, santan dsb. Tau kan dulu telur itu komoditi yang cukup mahal, apalagi kuningnya. Selain mahal harganya, kuning telur dianggap kaya gizi.

Ada tambahan kata Sri di depannya, tunggu... menurut saya kata Sri itu kalau kita liat bagaimana Budaya di Melayu artinya adalah Gelar Bangsawan. Sri, Shri, artinya adalah Tuan. Kita kenal kata Tan Sri. Saya ingat ada teman saya dulu namanya Sri Ramelan, dsb. 

Maka tambahan kata Sri pada selai Kaya, bisa jadi demi meninggikan Selai Kaya itu. Oleh sebab itu di Medan Selai Kaya disebut Srikaya. Beda lagi dengan Srikaya di Palembang ya (Nanti akan saya bahas).

Atau bisa jadi karena di Singapore dan Malaysia, demi menyingkat kata maka mereka menyebutnya Kaya saja.     

Maka Kaya dan Srikaya itu bedanya...? bagi Orang Medan ya sama, sama-sama Selai Kaya. Srikaya adalah Selai Kaya itu. Selai yang di Malaysia dan Singapore disebut Kaya.,
 
Bagi Wong Plembang, Srikaya adalah puding telur gula-santan dan ektrak daun pandan yang dikukus. Sama-sama bisa dimakan dengan roti sih
  Srikaya Palembang
 Sumber Foto : Disini

Sedangkan selai Kaya orang Malaysia dan Singapore itu ya kami menyebutnya Kaya.

Wong Plembang mulai mengenal Selai Kaya mungkin ya setua masuknya asimilasi kuliner Peranakan, salah satunya melalui gerai seperti Kopi Tiam dan lain sebagainya 

Asal Muasal Selai Kaya

Beberapa pakar menyebutnya berasal dari Portugis. Kuliner yang mereka sebut Doce de Ovos. Konon Portugis membawa kuliner tersebut ke Malaysia, tepatnya Malaka pada saat mereka menjajah Melaka pada abad ke 15. 

Lalu, kenapa sekarang kita mengenal Selai Srikaya sangat lekat dengan berkembangnya menu Peranakan, salah satunya di Kopi Tiam?

Ya wajar saja, Bandar Melaka juga adalah pusat berkembangnya kuliner pada Budaya Peranakan. Saya pernah menonton serial Little Nyonya, drama seri yang didalamnya juga ada tentang sejarah kuliner Peranakan di Melaka. 

Melaka itu adalah salah satu pusat perkembangan. Juga tempat berkembangnya Budaya Peranakan, termasuk kulinernya. 

Maka Doce de Ovos adalah salah satu yang berkembang dan menjadi Selai Kaya di Kuliner Peranakan.

Doce de Ovos
         Sumber Foto : Disini              


Lalu, apakah selai Kaya itu kuliner Melayu, atau Peranakan? He, saya tidak berhak menjawab iya atau tidak. Butuh penelitian mendalam. Kita tau bahwa kuliner peranakan berkembang baik di Malaysia, Singapore, Asia Tenggara secara umim, termasuk Indonesia. 

Pedagang Tionghoa masuk ke  Nusantara melalui jalur perdagangan, mungkin beda-beda sedikit jarak waktunya atau malah berbarengan dengan masuknya masa kolonial, baik Portugis, Belanda dan Inggris di Malaysia. 


Begitulah. Tentu saja pendapat pribadi. Tetapi Selai Srikaya dan Buah Srikaya itu sama sekali gak ada hubungan.  Jangan bilang lagi, apa hubungan Selai Srikaya sama Buah Srikaya ya, hehe. Salam.

Mau resep Selai kaya Medan, Siantar dan Srikaya Palembang ? Banyak kok di Cookpad. Resep saya ada juga, Srikaya Palembang.

Comments