Search This Blog

Wednesday, April 1, 2020

5 Cara Maksimalkan Diri Ketika #DiRumahAja Saat Pandemi Covid-19

Beginilah situasi saat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melanda dunia, termasuk Indonesia. Semua orang harus membatasi pergerakan guna mengurangi penyebaran virus Corona. 

Tidak ada yang lebih efektif mengurangi penyebaran Covid 19 selain dari mengurangi pergerakan manusia alias physical distancing. Maka, saya dan kita semua dihimbau untuk mengisolasi diri di rumah aja. Tidak keluar rumah kecuali sangat penting

Saya ya ikut dong mengisolasi diri. Hari tertentu saya #dirumahaja alias Work From Home (WFH). Kecuali hari tertentu ketika saya harus ke kantor karena jadwal saya work from the office alias piket. 

Banyak hal bisa dilakukan saat #DiRumahAja demi mencegah Covud 19 ini. Kalau saya, mumpung bisa kerja di rumah aja, ya saatnya bisa memaksimalkan aktivitas dan aktualisasi diri sendiri. Berikut 5 hal maksimalkan diri saat #DiRumahAja versi saya :
  1. Baca buku yang belum sempat dibaca. Hiy, banyak sekali. Sudah penyakit kalau ke toko buku dan ada sale besar-besaran saya akan kalap memborong buku. Terutama, ketika di meja sale saya menemukan buku karya penulis favorit saya dibandrol harganya ceban alias sepuluh rebu. Beneran tak tega rasanya awak. Buku lama saja banyak yang belum sempat dibaca, eh beli buku lagi. Nah saat #DiRumahAja inilah waktunya membaca buku-buku tersebut. Dicicil aja, sehari 1 buku. 
    Sumber foto : pixabay

  2. Bersih-bersih rumah. Saya membersihkan kulkas yang sudah lama tidak sempat dibersihkan. Bisa juga menata isi lemari, pasti sudah awut-awutan (lemari saya). Berbenah di dapur bisa juga.
    Sumber Foto : Pixabay

  3. Masak untuk keluarga. Ini harus buat saya. Pada masa pandemi Covid19 mau tidak mau saya mengusahakan masak untuk keluarga setiap hari. Demi mendapat asupan keluarga yang aman, bersih dan sehat. Hari saya work from the office aja sepulang kerja saya masak, apalagi memang jadwal WFH. Kemarin saat WFH saya masak sayur sop, oseng-oseng tempe. Kemarinnya bikin sayur lodeh, bakwan, bikin Caramel Cake. Semalam saya mencoba resep baru bikin Sapi Lada Hitam, eleh. Enak gak enak pokoknya puas dan kenyang deh. 






    Sumber: Dokpri

  4. Selesaikan proyek pribadi yang tertunda. Yang penulis pasti ada proyek menulis yang tertunda, saatnya dilihat kembali dan diselesaikan. Yang blogger, mau ganti template, perbaikan blog dll ini waktu yang tepat loh. Saya rencana mau bikin taman gantung mini, he, soalnya halaman sudah ditutupi ubin semua dan jadi carport. 
  5. Jaga kewarasan, Stay Cool dan Jangan panik. Kamu, entah sebagai pribadi atau sebagai Ibu, sebagai ayah, harus yang pertama tenang di rumah. Jangan menghabiskan waktu di sosmed membaca orang-orang twitwar soal penanangan Covid 19 di Indonesia. Jangan terbawa emosi saat teman atau keluaarga berkomentar negatif, kritik sana sini soal penanganan corona. Padahal  dia tak ada kontribusi, cuma cewakkan gak karuan. Jaga kewarasan dari hal seperti itu. Hal pertama yang penting saat pandemi Covid 19 bagi saya yang pertama adalah waspada tapi tetap tenang.

    Sumber Foto : pixabay

    Demikian 5 hal memaksimalkan diri saat #DiRumahAja menanggulangi Covid 19 versi saya.  Kalian pasti juga punya versi sendiri. Salam. 
      

2 comments:

  1. #DiRumahAja emang memberikan banyak waktu untuk eksplorasi diri, mulai dari nyoba resep baru, atau nyelesain banyak ide nulis yang masih terperangkap di kepala. Semoga covid segera berlalu ya Umek.

    ReplyDelete

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Menelusuri Rempah/ Bumbu Pada Kuliner Sumatera Selatan

Sumber Foto : faktualnews.com Jika rempah-rempah adalah daya tarik atau pemikat datangnya Portugis dan Belanda ke Indonesia pada zama...