Search This Blog

Tuesday, January 28, 2020

Warung Tekko Palembang, Restauran Keluarga Dengan Kearifan Lokal Sumatera Selatan


Siapa yang bisa menolak kelezatan semangkuk Sup Iga yang hangat, pedas dan rasa nampol lezatos...? Tak ada. Saya, wah jangan dua kali ditawari. Segera saja akan saya santap dengan sukacita hingga keringat saya bercucuran dan flunya saya sembuh. Swear, selain lezat semangkuk Sup Iga hangat yang pedas sudah jadi ramuan penyembuh flu di keluarga saya.



Kuliner Legendaris Berbahan Dasar Iga

Sejarah kuliner berbahan dasar Iga telah menjejak cukup panjang di Indonesia, bahkan Asia dan dunia. Kita mengenal Steak berbahan tulang Iga (Beef ribs) dengan kentang dan buncis. Kita mengenal Galbitang di Korea, Korean Beef Ribs Soup yang disajikan dengan sayuran lokal semacam lobak ada juga dengan Kimchi. Jepang, ada Tonjiru, Sup Iga yang dimasak dengan mirin, kentang, miso dan dashi. Selain itu, ada Nikujaga, irisan daging iga yang konon dimasak dengan Ito Konyaku dan sayuran. Kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, uh jangan tanya. Ada Sup Tom Yum Iga yang lezat, pedas, asam dan segar. 

Kuliner berbahan Iga memang begitu kaya. Di negara kita, apalagi. Kita mengenal Sop Konro dan Konro bakar dari Makasar yang lezat itu. Ada Iga Penyet yang konon berasal dari Jawa Timur dengan  Tulang iga empuk dan cocolan sambal pedas dan lalapnya yang menggoda. Ada Tongseng Iga Sapi. Di Kawasan Tengah Indonesia, ada Bebalungan dari lombok, kalau ke Lombok saya pilih menu ini karena mengingatkan saya pada Pindang Tulang Iga buatan ibu saya. 

Kuliner berbahan Iga di Palembang, secara umum Kawasan Sumatera Selatan adalah favorit keluarga saya selain aneka pindang ikan. Wong Plembang dan Wong Sumsel mengenal Pindang Tulang Iga yang lezat. Pindang tulang iga dengan aneka varian bumbu menyesuaikan dengan citarasa kuliner wilayah masing-masing. Pindang tulang Iga bumbu Iris (serai, lengkuas, kunyit, daun salam, sedikit cabai, potongan buah nenas dan taburan daun kemangi saat disajikan) ala Komering dan Lahat dengan kuah agak bening. Rasa juicy dari Iganya begitu sederhana dan ringan, tetapi begitu dihirup pelan-pelan rasanya muncul kuat dan segar. Ada pula Pindang Tulang ala Meranjat dan Sekayu, juga Kota Palembang dengan bumbu digiling, ekstra cabai, sebagian ada yang menambahkan sedikit merica, serta ditambah asam ekstra dari asam jawa selain tetap diberi potongan nenas. Rasanya yummy, pedas, manis dan asam yang juga segar.

Warung Tekko Gathering Blogger Palembang

Nah beberapa hari lalu, tepatnya Hari Minggu tanggal 26 Januari 2020, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 11 tahun Warung Tekko pertama yang didirikan di Pantai Indah Kapuk pada tanggal 29 Januari 2009 dan menyambut hari ulang tahunn ke-9 Warung Tekko Palembang yang berdiri pada tanggal 31 Januari 2011, saya berkesempatan menghadiri undangan Gathering bersama beberapa Blogger dan Kompasianer Palembang lainnya. Acara yang siru, berkesan serta mengenyangkan.

Kesempatan seru karena bertemu dengan blogger lain. sudah lama juga gak gahering (Meet up).  Berkenalan dengan Mas Sidik Kadarsyah yang menjelaskan maksud undangan dan mengenalkan beberapa menu baru di warung Tekko Palembang.





Senang tentu saja. Sebab Warung Tekko Palembang yang lokasinya di Jalan Basuki Rahmat, dekat Simpang Polda Palembang selama ini memang sudah jadi Resto Favorit keluarga. Suasananya resto yang nyaman, hommy, pencahayaan yang optimal dan setiap sudut membuat kita bisa foto selfie atau welfie (bagi yang senang swafoto) sebab sangat instagramabble. Rasanya ini kunjungan saya yang kelima ke resto tersebut.

Outlet Warung Tekko sendiri, saat ini sudah berjumlah 46 yang menyebar di seluruh Indonesia, termasuk di Palembang. Ada 2 (dua) Warung Tekko di Palembang, pertama di Simpang Polda tempat acara ini berlangsung. Kedua di Jakabaring.




Warung Tekko dengan konsep Resto Keluarga, sangat menjawab kebutuhan dimana menu untuk seluruh anggota keluarga tersedia. Ada untuk orang dewasa. Ada untuk remaja. Ada pula untuk anak-anak. Varian menu yang sangat banyak. Sambil menunggu pesanan makan besar tiba, bisa pesan makanan ringan, seperti tahu gejrot, jamur krispi. Aneka Minumannya banyak pula. Jus buahnya segar, dibuat dari buah asli, bukan sirup, dan porsi besar yang jelas disukai. Pokoknya family restaurant favorit keluarga.




Maka Hari Minggu itu, setelah mendengarkan penjelasan Mas Sidik, setelah mengenal beberapa menu baru dan foto-foto menu di Warung Tekko Palembang, seperti biasa, menu yang saya incar adalah Iga Bakar Madu yang sedap.

Tak hanya itu, sebelumnya saya bersama beberapa teman lain mencicipi Sup Iga Garang Asam. Rasanya, lezatnya cukup nendang, asam manis yang segar. Kami mencoba juga Sup Ikan Tekko.  Mencoba juga jamur krispi. Yeah, banyak menu yang dicoba. Semua terasa enak.






Menu Baru di Warung Tekko

Jika awal berdiri dulu andalan utama Warung Tekko adalah spesialis Iga yang bahan dasar Iganya diperoleh dengan pengawasan ketat dan dijamin kehalalannya, sekarang menunya semakin beragam. Banyak tambahan menu baru. Ada berbahan dasar Ikan, ayam, tahu, bahkan sayuran. Beberapa menu baru tersebut antara lain, Pecak Nila, Soto Ayam, Sate Ayam, Sate Padang, Sup Tekko, Sup Ikan Nila, fish skin cabe garam, Ketoprak dan pecal dan lain sebagainya. Semua layak dicoba loh.










Warung Tekko Palembang Dengan Kearifan Lokal Sumatera Selatan 

Warung Tekko selain mengusung konsep Resto Keluarga juga mengusung resep lokal dengan tagline Selera Nusantara (Selera Indonesia). Ini layak diacungi jempol rasanya. Lihat saja menu andalannya yang berbasis kearifan lokal Nusantara dimana resep digali dari menu khas Nusantara seperti Iga Penyet yang konon berasal dari Jawa Timur. Ada Iga Bakar Madu yang mengakar juga dengan Iga Bakar Konro di Makasar (Sulawesi Selatan). Ada Sup Iga Garang Asam yang resep awalnya berasal dari Jawa Tengah.

Gaes, sudah pada tau ya bahwa dimanapun lokasinya Warung Tekko menyesuaikan dengan kuliner lokal yang ada. Selera dan citarasa lokal sudah pasti harus diperhitungkan. Termasuk citarasa Sumatera selatan untuk menjaring lidah Wong Plembang dan Wong Sumsel. Jadi kamu jangan khawatir bila diajak keluarga atau kolega makan di Warung Tekko Palembang lalu tiba-tiba pengen makan pindang Ikan. Warung Tekko Palembang menyediakan Pindang Ikan Gurame.

Saya kira itu cukup memadai dan tidak harus lengkap semua varian pindang. Sebab warung pindang (ikan) sudah punya pangsa sendiri dan sangat banyak di Palembang dan Sumatera Selatan. Mau makan sup Iga yang yang citarasanya mirip Pindang Tulang, ada Sup Iga Garang Asam. Buat saya, ini pas rasanya dan Yummy.

Memang sih, seandainya ada menu baru tambahan untuk Warung Tekko Palembang seperti Pindang Tulang Iga khas Palembang atau Sumsel, maka akan bertambah lengkap citarasa lokalnya. Ini yang saya maksud dengan menyesuaikan kearifan lokal Sumatera Selatan. Bagi Wong Plembang dan Wong Sumsel umumnya, Tulang Iga (Beef Ribs) itu paling enak dibuat menjadi Pindang Tulang. Saya dukung banget ini. Tetapi, tanpa inipun, kearifan lokal Sumsel sudah terwakili oleh Pindang Ikan Gurame dan Aneka Pempek yang juga tersedia di Warung Tekko Palembang.


Begitulah kawan. Selain memenuhi kebutuhan kuliner penggemarnya, Warung Tekko sebagai Family Restaurant ini memang teruji dan diakui. Resto ini telah meraih banyak penghargaan antara lain Digital Popular Brand Award selama 3 (tiga) tahun berurut-turut pada Tahun 2017-2019. Meraih pula The Best Franchise Choice Award Tahun 2019. Meraih The Best Franchisee Tahun 2018. Meraih Restaurant Award Tahun 2018. Meraih Rising Bussiness Award Tahun 2017 dari Trans n Co, Franchise Global.com dan WALI.


Cobain Segera Ya

Warung Tekko memang wuenak coy. Warung Tekko Palembang juga nyata lemak nian dan sekarang makin Plembang nian. selain banyak menu baru ada hadiah kalender Tahun 2020 selama persediaan masih ada untuk minimal transaksi sebesar Rp.250.000 sebelum pajak atau like Fanpage Warung Tekko. Psttt, di dalam kalender itu terdapat banyak voucher yang bisa digunakan sepanjang Tahun 2020 baik di Warung Tekko Polda maupun Warung Tekko Jakabaring Palembang. Cuss dicobain ya.


Sumber Foto: Kalender Warung Tekko Tahun 2020 (diolah)


Salam Warung Tekko Palembang. Salam manis selalu. Salam Warung Tekko Palembang Lemak Nian. 


Warung Tekko Palembang Simpang Polda, Jl.Basuki Rahmat No.1-2, Kecamatan Kemuning,  Palembang (30128), Telpon 0711- 419913
IG : https://www.instagram.com/warungtekkopalembang/
Fanpage Facebook: https://www.facebook.com/warung.tekko/

#TekkoPalembangLemakNian
#TekkoNian #IgaPenyet #KulinerPalembang #TekkoGatheringPalembang







38 comments:

  1. Aku masih suka kebayang iga gorengnya yang mikin merem melek itu, Umek hahaha. Bakalan lebih sering makan di Warung Tekko nih aku nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Saya kalo pesan iga goreng atau iga penyet selalu minta kuah polos. Tambah mantap makannya Yan.

      Delete
  2. Bikin laper lihat hidangan di meja itu. Mendung begini, mantap rasanya menghirup kuah iga. Aduh, makin lapar nih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Denis. Apalagi lagi musim hujan gini. Cuss segera dicobain ya

      Delete
  3. Kalau balek ke Palembang, tolong ajak aku makan di sini Umek
    Galogalo lauk itu favorit aku

    ReplyDelete
  4. wahhh....saat lihat foto itu si iga bakar, seketika perut lapar nendang-nendang pengen segera ke Warung Tekko.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo pesan ini jangan lupa minta kuah sup polosnya, free. Makin mantap makannya

      Delete
  5. mantab umekk.. molly pengen mamam iga tapi darting. hikz. jd kami milih menu iwak bandeng bae.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuoz pilihan lain banyak mol. Ada bahan dasar ikan, ayam, sayuran dll.

      Delete
  6. Banyak macam pilihan menu nya aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya suka banget, resto favorit keluarga.

      Delete
  7. ini kenapa ya, aku pas baca sambil ngiler-ngiler gitu. eheheh kebayang cita rasa nusantara. apalagi aku paling suka iga bakar, uhmm jadi aku pengen ke tekko juga ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bingung sopo iki, Bung Eko ya. Amyway, terimakasih sudah mampir. Jangan lupa, itu hasrat kepengen Iga bakar warung tekko nya dipenuhi segera ya.

      Delete
  8. Salam kenal Umek, blognya sangat informatif skali, nanti kita makan bareng lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Trisna. Makan barengnya harus jadi lagi ini, yuk disegerakan.

      Delete
  9. menu es cincau jeruknyo enak nian umek.. haha kalo ke sano pesen nasi ayam paketnyo jugo lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget enak Ded. Saya tandai, juicenya asli buah dan segar. Makanannya, Iga penyetnya, Sup Garang Aasamnya, apalagi kalo ada pindang tulang iga kesukaan. Kalo gak ingat kolesterol bisa kalap, wew.

      Delete
  10. Waaaah, laju pengen mudik ke Palembang. Cak lemak nian iganyo nih. Slurrrp! Pas pula baca ini pas laper, wkwkwk. Warung Tekko wajib kunjung nih kalo main ke Palembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya mantap Jd pilihan pas pulang kampung. Nyubo apo bae ado loh mas disini.

      Delete
  11. Lemak nian emang iganya nih. Mantap makanannya ya umek. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nagih enaknya ya Bim. Pengen segera kesana lagi.

      Delete
  12. Ngiler banget umekkk liat iga garang asam nyaaa. Emang bener2 nampop banget rasanya. Seger nya ga ilang-ilang buat mau seruput kuah nya terussss, mana dagingnya lembut banget. Juaraaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz sedap dan ada rasa asam segar,potongan tomat hijau dan cabe/paprika hijau bikin lengkap rasanya. Dihrup, slurp...mantapπŸ‘Œ

      Delete
  13. aiiihhh fotonya aja sudah sangat menggoda..yuk akhh umek, kita rame2 lagi kesana :) Juara banget rasanya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Yuk mba Lya kita kesana lagi..makan dan ngobrol puanjang lagi πŸ€—

      Delete
  14. Selama ini sukak banget dengan masakan iga. Dan menu barunya itu bikin laper deh, Bu. :D
    Pecak ikan nila, sambalnya kayak sambal matah gitu ya. Sup ikannya segar.
    Recomended banget nih warung. Super komplit. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, sama. Suka banget dan favorit mba Ranny sama restp ini.

      Delete
  15. Foto fotonya bikin laper banget. Omong-omong saya suka Garang asemnya. Itu beneran enakkkkkk.... Kapan yaaaa ke warung tekko lagi... 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz, Garang Asamnya juara. Saya bilang sih simple tapi enak seger.

      Delete
  16. Aku ngiker sama iga nyaaa 🀀🀀🀀

    ReplyDelete
  17. Ya allah kok jadi ngiler pengen cobain semua menu di warumg teko...apalagi menu iga nya
    Pgen buruan coba

    ReplyDelete
  18. sumatera selatan memang kaya akan kuliner pindang2an. setiap tempat punya resep rahasia masing2 yang membuat rasanya beda-beda. molly paling suka pintu sih alias pindang tulang hehe... etapi di warung tekko la ado iga-igaan jugo.

    ReplyDelete
  19. wih mantab kali menu diwarung Tekko Palembang bikin penasaran pengen cobain

    ReplyDelete
  20. Umeeek. Aku mupeng pingin coba sup ikannya. Kira-kira lebih mirip ke Gangan, Pindang, atau sup Ikan Yong Kee di Batam? nanti ke Warung Tekko ah :D

    ReplyDelete
  21. Umeeeek itu kenapa hidangannya begitu menggoda sih aku dah lama banget gak mkan iga bakar dan kayaknya bakal mampir kesini buat nyobain

    ReplyDelete
  22. Sate padangnya enak banget, Umek.
    Kapan yok Kita ke sana lagi bareng Kompalers...ngabisin voucher 😹

    ReplyDelete
  23. Aduh ibuuuu kalo liat postingan begini tuh bikin ngiler deh, apalagi fotonya beneran menarik hati dan bikin laper. Apalagi menu iga ya masha allah enak betul. Masih kebayang daging yg lembut, kuahny jg seger. Pengen lagi

    ReplyDelete

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Menelusuri Rempah/ Bumbu Pada Kuliner Sumatera Selatan

Sumber Foto : faktualnews.com Jika rempah-rempah adalah daya tarik atau pemikat datangnya Portugis dan Belanda ke Indonesia pada zama...