3 Cara Asyik Traveling Perjalanan Darat Dengan Bus Garuda Mas


Kadangkala, saya lebih memilih melakukan perjalanan wisata (traveling) dengan darat. Buat saya, lebih asyik malah. Kita bisa melakukan banyak hal yang jika kita traveling dengan perjalanan udara (pesawat) hal tersebut tidak dapat dilakukan. 


Plus minus perjalanan darat pasti ada. Tetapi, jika sedang liburan dengan waktu yang leluasa, saya lebih memilih perjalanan darat. Kenapa...? Terus simak ya.

Alasannya banyak. Antara lain harga tiket bus jauh lebih murah dan stabil. Jika pesan tiket pesawat harga berfluktuasi, maka perjalanan darat harga stabil sesuai harga tiket yang telah ditetapkan. Bahasa anak saya, tak perlu sering tepok jidat karena harga tiket tau-tau melonjak, wew. Alasan lain, lebih enjoy sebab bisa melihat aneka pemandangan di depan mata dengan leluasa. Bisa mampir makan di warung/resto asyik yang biasanya adalah langganan Bus tersebut. 

Traveling ke Jawa Tengah buat saya memang menyenangkan dan ada dalam bucket list saya. Jika saya sesekali suka ke negara tetangga seperti liburan saya di sana atau di sini,  dan beberapa traveling lain tahun lalu, maka tahun ini saya akan ke Jawa Tengah dan sekitarnya. Melihat lagi Prambanan, mampir lagi ke Jogya, terutama Malioboro kesukaan saya, dan lain-lain.

Nah berikut 3 cara asyik traveling Dengan Perjalanan Darat versi saya  adalah,

1. Menabung untuk liburan
Menabung atau tepatnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk liburan adalah hal tepat dan bijak untuk dilakukan keluarga. Sebab yang namanya liburan pasti membutuhkan biaya. Jika jadi kebiasaan keluarga, termasuk anak-anak dibiasakan. Ya...lumayan. Liburan bisa jadi agenda tahunan dan ajang motivasi keluarga untuk hidup sederhana dan menabung demi liburan keluarga yang asyik. Pulang Liburan, keluarga makin hangat dan akrab, otak makin fresh. Alhamdulillah, suasana yang menyenangkan.

2. Susun Rencana Liburan Dengan Smart

Kapan akan liburan. Banyak pertimbangan yang harus dilihat tergantung kebutuhan. Buat saya pribadi, saya lebih suka liburan tidak di waktu liburan anak sekolah atau akhir tahun. Sebab kedua musim itu kondisi tempat wisata hampir dipastiken audzubileh ruamenya. Kemana akan liburan, destinasi apa saja yang akan dikunjungi. Bila perlu susun sekalian ittenary traveling. Mantap kan.

3. Siapkan Stamina dan Pernak-pernik Traveling  Perjalanan Darat  
Hal satu ini buat saya cukup penting. Kalau stamina tidak sehat, ya rencana liburan bisa batal. Selain itu perjalanan darat pasti membutuhkan pernak-pernik supaya traveling kita menjadi asyik. Antara lain, bantal leher. Mengingat perjalanan bisa 3-4 jam atau lebih, maka pernak-pernik untuk duduk di bus selama traveling mutlak diperlukan. Jaket dan kaos kaki perlu disiapkan. Termasuk obat-obatan seperlunya. Suka musik, siapkan peralatan, headphone dll. Suka membaca, nah harus bawa buku juga. Bahkan bisa ngecas handphone (HP), pastikan charger HP dibawa ya.

Ketiga hal di atas memang penunjang supaya traveling dengan perjalanan darat kita menjadi asyik. 

Nah karena dalam tahun ini saya sudah ada rencana akan traveling ke Jawa Tengah menggunakan Bus Garuda Mas, saya sudah jauh hari persiapan. Saya juga kepo dan stalking tentang bus tersebut. Mau tau hasil keponya saya, yuk....

Garuda Mas adalah salah satu operator bus paling populer di wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Purwodadi. Armada ini didirikan pada tahun 1972 di Cirebon yang menyediakan banyak rute dari dan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bus ini memiliki trayek unggulan yaitu Jakarta-Purwodadi. Soal kualitas, hm lumayan terjamin. Busnya keren, menggunakan mesin jenis Mercedes Benz dan Hino. Armada Bus ini telah mendapatkan sertifikat pelatihan Properly Driving Course untuk para sopir mereka yang diadakan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia pada Tahun 2018.

Saat ini Garuda Mas memiliki kantor pusat dan pool di Jalan Brigjen Darsono No.12B, Bypass Kedawung, Cirebon. Bus ini memang nyaman karena AC nya canggih. Tersedia dengan beberapa kelas, tinggal menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Ada Kelas ekonomi AC, Bisnis Non AC, Bisnis AC, VIP, Eksekutif dan Super Eksekutif. Harga bervariasi dari 119 ribuan sd 250 ribuan menyesuaikan dengan kelas tiket.

Tempat duduk juga nyaman, ada yang kursi 2-1. 2-2, ada pula yang 2-3. Untuk menunjajng kenyamanan perjalanan penumpang, bus ini menyediakan  bantal, selimut, toilet, serta area merokok. Jadi bagi kita yang tidak merokok, tenang. Kita tidak perlu menjadi perokok pasif yang terpaksa. Mereka merokok di area khusus kok. Selain itu, wow dapat makan satu kali, asyik. Mau naik yang bus 2 tingkat, ada juga.




Begitulah tentang 3 hal asyik liburan dengan perjalanan darat. Praktis dan tidak rempong. Mau pesan tiket, bisa langsung lewat pesanan online. Selamat menikmati asyiknya traveling perjalanan darat dengan  Bus Garuda Mas ya. Salam.



Comments

  1. Analku kepingin banget naik bus tingkat kyl d gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba ajak Mas Ais dan adeknya naik bus ini 😊

      Delete
  2. Luas banget tempat kakinya, bisa tidur nyaman, dong

    ReplyDelete
  3. Boleh dicoba, nih.. thankyou for nice sharring :)

    ReplyDelete
  4. aku penasaran banget sama yang double deckernya Garuda mas, sepertinya nyaman sekali

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts