Pempek Dak Becuko, Apo Lemaknyo ?


He, sering banget mendengar kalimat Pempek dak becuko, apo lemaknyo ?  ini di Palembang. Yah...kan kota Pempek, setiap hari wong Plembang menyantap pempek. Pempek ada dimana-mana. Di setiap bucu (red: sudut) Kota Palembang, pempek tersedia dan siap disantap kapan saja (tentu saja harus dibeli dulu, kecuali pempeknya punya sendiri).  Bahkan di ruangan tempat dimana jari-jemari saya menuliskan kalimat-kalimat ini, aroma pempek tercium dengan jelas...kok bisa? ya iyalah, baru beli pempek soalnya gaes. 

Maka sangat wajar jika kalimat Pempek dak becuko, apo lemaknyo itu sering sekali terdengar di Kota pempek ini. Pempek dak becuko, apo lemaknyo? sebuah kalimat yang mempertanyakan dan memuskilkan kelezatan pempek tanpa cukanya. Kalau diartikan kira-kira begini, Pempek gak pake cuka, apa enaknya ? Menurut kamu...? Lanjut baca ya.

Buat saya, pempek dak becuko, ah lemak bae (red: pempek gak pake cuka, ah enak aja rasanya). Sebab makom pempek di pakem saya bukan lagi makanan berat yang harus disantap dengan cukanya, tapi sudah jadi snack atau panganan yang bisa saya santap dengan apa saja. Ngaku nih, saya sering banget makan pempek sembari saya ngopi. Jika kebetulan saya sedang ngopi, gak ada pisgor atau ubi ya saya mencomot 2-3 buah pempek kecil sebagai pengganti pisgor dan ubi itu. Rasanya, uh lemak nian (enak sekali), cobain deh. 

Saya makan pempek gak harus sama cuka. Syaratnya asal pempeknya enak, ikannya segar (terdetejksi dari bau pempeknya). Saya agak sensi dengan bau ikan yang tidak segar alaias busuk. Daripada makan pempek ikannya gak segar, masih men ding makan pempek palsu alais pempek gak pake ikan yang di Palembang disebut pempek Dos. Oleh sebab saya makan pempek seringnya pempeknya aja, tanpa cuka, maka saya bisa makan pempek kapan saja. Mau pagi, hayuk, buka puasa hayukkk aja. 

Sering mendengar beberapa teman yang pendatang di Palembang bilang gak berani makan pempek saat buka puasa, atau pagi hari untuk sarapan. Saya senyum aja. Pastilah, sebab mereka menganggap makan pempek harus pake cuka. Termakan oleh kalimat tadi, Pempek Dak Becuko, apo lemaknyo? Jangankan pendatang, wong saya yang asli Plembang aja gak berani makan pempek bercuka kalau untuk sarapan atau buka puasa. Harus diakali, kalau cukanya kelihatan enak, saya baru mau pakai cuka, itupun dicocol doang. Kecuali perut sudah terisi makanan lain, baru berani saya ngirup cuka. 

Sebagaimana orang cukup umur, makanan harus dipilih-pilih dan banyak syaratnya. Salah satunya kalau untuk cuka pempek, cukanya juga harus enak. Hehe, syarat cuka wong plembang cukup umur itu itu berat gaes, harus enak. Dibuat dari gula aren dari Lubuk Linggau (salah satu kota di Wilayah Sumatera Selatan), bawang putihnya banyak, teknik membuatnya harus tepat. Kalau cukanya encer, gak enak (bahasa Plembangnya : cuko cak kencing kudo), meh, males. Jangankan ngirup, untuk dicocol aja saya males. Karena pempek jajanan di pagi hari itu rata-rata pempek dos yang cukanya gak memenuhi syarat cuka enak ala orang dewasa di Palembang, maka saya makan pempek tanpa cuka. 

Jadi Pempek dak becuko, apo lemaknyo ? Ah, lemak bae. Asal pempeknya lemak. Cobain deh. Salam Pempek.

Comments

  1. Keponakanku suka makan pempek tanpa cuko karena dia kurang suka sama cukonya. kalau aku kebalikan, suka menilai enak nggakknya pempek dari cukonya. hehehe. meski asli orang Jawa, aku suka banget dengan irupan cuko. segerrrrrr

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.