Search This Blog

Monday, June 26, 2017

Rindu Makan Bersama Lebaran di Meja Besar Itu

Entah kenapa tiba-tiba ingat meja besar itu


Meja makan besar dengan aneka gulai lebaran, kadang opor kadang anam, rendang, gulai buncis dengan potongan hati serta ampela dari ayam kampung yang dagingnya diopor atau anam tadi, ketupat yang saat saya masih kecil saya yang menjaga apinya. Lezatnya bukan saja karena dia dimasak dengan bumbu dan santan segar racikan sendiri, serta tanpa MSG, tapi karena dia dihidangkan di meja besar dan disantap bersama sepulang sholat Ied. 

Rindu suasana lebaran dulu di meja besar itu. Maka tiap kali lebaran saya tertatih bersigat mencari ayam kampung dan mengulek bumbu dengan tangan saya sendiri dengan racikan persis cara memasak ibu saya, opor diberi sedikit kelapa gongseng dan diulek sampai berminyak, dengan asam dari parutan nenas dan potongan kentang goreng, bukan karena saya suka gulai opor melainkan karena rindu suasana lebaran di meja besar itu dengan aneka lauk dan gulai opor ibu saya yang paling sedap sedunia itu.

Suasana telah berganti. Gulai rapi di meja besar sudah berganti dengan susunan rantang yang entah bagaimana cara memasaknya.

Betapa rindu meja makan besar saat lebaran yang disiapkan almarhumah ibu

Subhanallah. Selamat Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir dan bathin. ..🙏

No comments:

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

5 Cara Maksimalkan Diri Ketika #DiRumahAja Saat Pandemi Covid-19

Beginilah situasi saat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melanda dunia, termasuk Indonesia. Semua orang harus membatasi pergerakan guna...