Serunya Dancow Seminar Parenting Di Palembang


Sesekali ngumpul sama rombongan Mahmud Abas (Mamah Muda Anak Baru Satu) memang Siru (Bahasa Palembang = Seru). Pertama, suasana heboh dan jadi ikut cantik, hehe, seru bingits. Ini berkat Blogger Perempuan yang salah satu motornya mba Haya Aliya Zaki mengajak saya bersama 5 Blogger Palembang lain untuk ikut meramaikan acara ini.  

Acara Dancow Seminar Parenting yang berlangsung di Hotel Horison Palembang pada Hari Sabtu tanggal 22 September 2016. Pagi-pagi setelah ngopi, saya melesat ke Hotel Horison Ultima Palembang. Setelah parkir masuk lift menuju Ballroom Kartini di Lantai 3. Pas tiba disana, wah surprisenya, antri registrasinya panjang bunaget. Rupanya Bunda-bunda Palembang semangat sekali sodara-sodara ikut acara ini. Saya kira pesertanya lebih 500 orang. Lihatlah bagaiamana sumringah dan semangatnya mereka. Tak hanya para Bunda, banyak juga loh para Ayah yang hadir mendampingi Bunda mengikuti acara ini sampai tuntas. 

Tentu saja mereka semangat, pemandu acaranya lincah dan penuh semangat juga, Mba Shahnaz Haque yang cantik, saya berasa ikutan cantik deh. Narasumberpun komplit. Ada dokter anak, dr. Bernie Edyarni, Medise, SpA(K), MPH. Ada Psikolog ahli perkembangan anak mba Vera Itabilitha,Psi. Ada pakar nutrisi, Sari Bunda Bulan, AMG. Mereka diberi kesempatan satu persatu menyajikan materi yang dibawakan secara interaktif pula, sampe jalan-jalan mengitari peserta, seru kan.

Saya jadi ingat Wahid dan Dino yang mulai besar. Saya ingat para keponakan juga anak-anak kecil di sekitar saya. Betapa masa tumbuh kembang anak-anak adalah masa yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Sebab momen tumbuh kembang si kecil itu tak akan terulang kembali. Saya bilang sih, jangan sampai para Ayah Bunda kehilangan momentum tersebut. Bagaiaman anak-anak perlu dirawat dengan penuh kasih sayang. Bagaimana gizinya harus terpenuhi secara cukup dan seimbang. Bagaimana perkembangan otaknya yang harus diberi stimulasi supaya kecerdasannya tumbuh optimal. 

Intinya, penting masa tumbuh kembang anak penting sekali untuk dijaga oleh para orang tua. Sebab masa tumbuh kembang si kecil, terutama masa 1000 Hari Pertama adalah masa dimana perkembangan otaknya perlu diperhatikan orang tua. Ada 3 hal penting utama pada perkembangan si kecil, adalah Cinta Ayah Bunda; nutrisi yang cukup, seimbang dan berkelanjutan; dan stimulasi tepat untuk perkembangan si kecil.

Semua berawal dari Cinta Ayah dan Bunda, ya eyalah. Bahkan sejak dalam kandungan. Tanpa ini anak tentu tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Cinta Ayah dan Bunda yang membuat anak dijaga dan dirawat dengan baik. Bagimana si kecil dijaga kesehatannya. Si kecil yang dipupuk dan dirawat rasa percaya diri dan sikap mandirinya. Si kecil yang dijaga dilimpahi kasih sayang agar mental dan jiwanya cerdas dan  penuh kasih sayang juga.

Dokter anak, dr. Berni Edyarni, memaparkan tahapan perkembangan Otak anak. Nah benar, masa balita, terutama masa 1000 hari pertama sejak kelahiran (0-3 tahun) adalah masa periode emas. Volume otak saja, paling besar progress pertamabahannya pada periode ini. Jika masa ini tidak dijaga dengan baik, maka kecerdasan si ekcil tidak akan maksimal dan tentu saja akan memperngaruhi masa dewasanya.

Psikolog ahli perkembangan anak Vera Itabilitha,Psi. yang memaparkan alasan pentingnya orang tua memantau perkembangan psikologis si kecil. Banyak anak-anak tidak berkembang dengan baik psikologisnya karena kurangnya perhatian orang tua. Sementara ada pula anak-anak yang sampai dewasa menjadi tidak dewasa, rapuh psikologis karena ketika masa kecilnya orang tau yang terlalu protektif. Misal, ketika PeEr si anak tertinggal, orang tuanya selalu mengantarkan PeEr tersebut. Pola asuh yang demikian mengakibatkan pada usia dewasa anak tersebut menjadi tidak mandiri dan selalu bergantung pada orang tua. Sayang tak berarti harus over protective, akibatnya si anak tidak mandiri karena selalu ada orang tuanya selalu menyelesaikan masalahnya dan membantunya. 

Terakhir, tampil mba Sari Bunda Bulan, AMG yang mempresentasikan pentingnya gizi cukup, seimbang dan berkelanjutan. Si kecil butuh diberi nutrisi melalui asupan makanan dan minuman bergizi dan seimbang sesuai usia dan tahapan perkembangnnya. Tak kalah penting adalah bagaimana bunda harus mensiasati menu makanan sehingga si kecil mau makan sayuran, buah-buahan untuk mencukupi gizinya. Terakhir, demo produk Dancow Excelnutri+, sebagai inovasi terbaru hasil riset Netle Research Centre dengan formula yang telah disempurnakan mengandung nutrisi untuk membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Produk yang tersedia untuk anak 1-3 Tahun (Dancow Excelnutri 1+), untuk anak 3-5 Tahun (Dancow Excelnutri 3+, dan untuk usia 5-12 Tahun (Dancow Excelnutri 5+).  Lebij jauh bisa dilihat di Dancow Parenting Center

Begitu deh. Seru kan. Marilah sayangi si ekcil dan anak-anak di sekitar kita dengan melimpahinya  Cinta Ayah dan Bundanya, memberikan nutrisi yang cukup, seimbang dan berkelanjutan. Marilah pula memberikan stimulasi bagi perkembangan si kecil untuk bereksplorasi. Masa Balita anak adalah periode yang harus dikawal dengan baik oleh para orang tua. Adalah sia-sia kita menyongsong Bonus demografi jika kelompok usia produktif yang jumlahnya besar itu tidak optimal perkembangannya karena masa balitanya tidak dikawal dengan baik oleh para orang tua. Hanya akan menjadi usia produktif yang besar dalam bilangan tapi tidak bermutu sebab sakit-sakitan, daya saing rendah dan tidak mandiri. Salam. 

 









Comments

  1. Mba Elly.. Kalo kita berdua masuk kategori Mahmud Abbas gak ya, hihi..

    ReplyDelete
  2. Masih,tenang aja mba Rita hahahaha 😚

    ReplyDelete
  3. Masih,tenang aja mba Rita hahahaha 😚

    ReplyDelete
  4. Hallo mbak, apa kabar? Lama tak bersua nih.hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts