Sunia Baharani


Adalah Sunia Baharani nama yang berarti Si Tenang dan hening, rani (ratu) dari keluarganya. Ya, Sunia dalam bahasa Komering (asal orang tua kami) adalah tenang. Tidak terasa Sunia Baharani sudah semakin besar. Kelas 3 SMP. Tubuhnya semakin tinggi. Ah, dia mulai remaja sekarang. Remaja yang kreatif. Hiks, Lihatlah betapa isengnya Rani memfoto kaki (kaki dirinya dan teman-temannya). Kaki itu organ penting karena kekokohan pijakannya, begitulah seloroh Rani.

Hampir semua kerabat mengatakan kalau Rani (begitulah kami memanggilnya) adalah duplikat saya. Hm, padahal wajah kami tidak mirip. Herannya mereka tetap mengatakan kalau Rani sangat mirip saya. Kata mereka, kelakuan saya ketika masih kecil persis Rani. Rani agak tomboy. Rani sangat ekspresif menunjukkan sikapnya. Tidak suka berpura-pura. Bila tidak suka sesuatu, he, langsung terlihat dari sorot matanya. Matanya yang melotot, hiks. Itu beberapa sifat Rani yang sama dengan saya. Tapi Rani tergolong pintar dan cerdas (yang ini saya tidak tau apakah ketika kecil saya juga begitu). Mungkinkah karena beberapa persamaan tersebut yang membuat Rani dikatakan duplikat saya ? Entahlah.

Maka semalam ketika bermalam di rumah saudara lelaki (kakak) saya, sayapun membutikan penilaian mereka. Saya perhatikan Rani begitu rupa. Cara tidurnya, perawakannya. Ternyata, tidak sekedar sifat kami yang sama. Gaya tidur Rani sangat mirip saya. Bahkan bentuk badan, dari pinggang hingga ke bentuk kakinya sangat mirip saya. Pantas saja para kerabat menyebut Rani sebagai duplikat saya.

Itulah Sunia Baharani, anak perempuan dari saudara lelaki saya. Kenapa duplikat saya muncul pada anak abang saya dan bukan muncul di anak saya....? Entahlah. Cara kerja Tuhan memang tidak bisa ditebak. Sambil terkesima memandangi Rani tidur, semalam saya berdoa untuk hal terbaik bagi keponakan saya itu. Semoga Rani kelak menjadi anak yang barokah bagi kedua orang tuanya, juga bermanfaat dan barokah pada sesama, amin. Semoga do'a saya untuk Rani diijabahNya. Apakah anda punya juga keponakan yang sangat mirip dengan anda....?

Comments

  1. Nggak punya ponakan yang mirip mbak.. mampir perdana ya mbak elly.. nama sunia baharani keren banget. kirain tadi nama orang india

    ReplyDelete
  2. Salam utk Rani ya mbak.., pasti kelak Rani akan jadi wanita hebat seperti Mbak Elly. Rani menyebut Mbak Elly dengan sebutan Tante ya..?
    Apa kabar mbak Elly..., senang bisa mampir lagi disini, setelah sekian hari gak bisa blogging..

    ReplyDelete
  3. barangkali, waktu hamil istrinya abang mbak kepikiran mbak terus, jadinya anaknya mirip deh

    ReplyDelete
  4. Namanya apik...!!! Penuh arti...!!!

    ReplyDelete
  5. mirip sifatnya, mudah2han mirip juga keberuntungan hidupnya ya mbak,,,

    hehe, maaf baru bisa jalan2 sekarang nih. 6 hari aku bantuin iyas ospek di UNY.

    ReplyDelete
  6. sunia baharani, sungguh nama yang simple dan penuh arti. Ya semoga dimasa yang akan datang keponakan mbak elly bisa menjadi wanita yang berguna bagi bangsa, agama dan negara.

    Salam kenal....
    Kunjungan perdana...

    ReplyDelete
  7. semoga tumbuh menjadi bijaksana dan cerdas seperti ibu , apa kabar bu lama tak kesini

    ReplyDelete
  8. salam aja mbak buat ponakannya hehehe

    ReplyDelete
  9. Amin...semoga doa bunda terkabul. Namanya bagus Ya...saya suka

    Met wiken
    Salam hangat & sehat selalu...

    ReplyDelete
  10. Sunia baharani, nama yg bagus,,
    Kog ga dipasang aja fotonya bug

    semoga do'a nya terkabul utk sunia,,
    AMIN,,,

    kalo aku blom punya ponakan, Hmmm

    salam,,

    ReplyDelete
  11. met sore Mbak.. senang ya punya keponakan yang cerdas..

    ReplyDelete
  12. @all (Ayra, Catatan Kecilku, Antaresa, J4J, Trimatra, Heri Fauzan, Munir Ardi, Aulawi Ahmad, Noor, Langit, Rita Asmara, semua) Terimakasih komentarnya. Ya, keponakan memang akan mirip dengan om atau tantenya. Pada Rani, saya seperti melihat masa kecil saya lagi.

    ReplyDelete
  13. Adhekq mirip bgt sama sepupuku haha, mirip bgt :P, nama yg indah hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts