Kebahagiaan dan Kedamaian Ala Dalai Lama


Jauh dari tempat saya berdiri, di sudut Dharamsala, diantara dentingan genta, Sang Dalai Lama kembali menghembuskan pesannya. Pesan tentang kebahagiaan dan kedamaian. Katanya, bahagia sejati adalah soal kepuasan sejati dalam hidup. Maka untuk mendapat kepuasan sejati hidup kita haruslah bermakna. Hidup yang bermakna adalah apabila hidup kita memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

Begitulah pesan Dalai Lama. He, entah kenapa saya seperti ditarik untuk mendengarkan pesannya. Ketika kemarin lusa sahabat saya memberitahukan akan ada wawancara ekslusif Desi Anwar dengan Dalai Lama di salah satu stasiun tv kita, kesempatan itu tentu saja tidak saya sia-siakan. Sebuah moment yang seperti telah memesan ruangnya untuk saya hampiri.

Ya, kita adalah manusia berjumlah sekitar 6 milyard yang menghuni planet bernama"Bumi", hakekatnya adalah sama. Bagaimana kita memberi ruang poada diri kita senndiri untuk memberi makna pada kehidupan ini sebagai ruang tempat kita berinteraksi dengan harmoni. Bahwa berbeda agama, suku/ras, pendidikan, latar belakang, adalah sesuatu yang memperkaya dan memberi warna indah pada semesta. barulah kedamaian akan tercipta. Bukankah begitu kawan.....?

Comments

  1. Yah, karena keanekaragaman, yang memenuhi alam semesta. Apa khabar, Mbak Elly?

    ReplyDelete
  2. Ow ya, Mbak. Kalau mau template MP hitam kayak gini, dan headernya ada foto Mbak, nanti Ana mintain tolong ke temen. Itu, Mpnya Ana juga temen yang buatin CSSnya. Fotonya, Ana ambil sendiri, themenya, nyomot theme di blogspot :) nanti, Mbak aksih aja foto Mbak Elly, ok! :)

    ReplyDelete
  3. ya..sebaik baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi orang lain. Selamat pagi mba..

    ReplyDelete
  4. setuju...kedamaian dan kebahagiaan ada di dalam diri kita, bukan terletak pada perbedaan yang ada...kunjungan pertamaku...have a great day...^_^

    ReplyDelete
  5. saya hanya sempat melihat iklan wawancara ekslusif Desi Anwar dengan Dalai Lama, tapi baru ingat lagi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  6. @Anazkia, ya setuju. Soal Template, siiip, terimakasih sebelumnya
    @Isti, ya betul. Selamat pagi juga Isti
    @Windflower, ya, have a great day too
    @Abi Sabila, wah sayang lewat acaranya ya

    ReplyDelete
  7. sederhana tp dalam maknanya bahwa hidup harus bermakna buat sekitar... seperti hakikat udara tak terlihat tapi selalu dibutuhkan

    ReplyDelete
  8. salam kenal ...makasih bacaannya

    ReplyDelete
  9. Pagi....bu........wah.....saya sangat menggemari tokoh yang satu ini....sarapan pagi yang menyenangkan..

    ReplyDelete
  10. Mkashy bu buat postingannyaa.. elok jadi tau banyak tentang tokoh ini. sebelumnya elok engga tau sama sekali, T.T

    ReplyDelete
  11. Hidup yang bermakna adalah apabila hidup kita memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita.... Bagus sekali kalimat itu mbak...

    ReplyDelete
  12. semua org akan mencari kebahagiaan dan kedamaian,padahal kedamaian itu ada di dalam diri ya mba ?

    met siang mba ....

    ReplyDelete
  13. @simply Shoes, betul Rosi
    @Adi, salam kenal juga
    @Boykesn, hei apa kabar ? Selamat siang sobat
    @Elok Langita, sama-sama sobat
    @Catatan Kecilku, ya mbak apalagi bila kita terapkan, indahnya dunia
    @Senja, ya betul. Kebahagiaan dan kedamaian dunia ini hanya bisa tercipta dari sebuah pernghormatan bahwa kita semua adalah sama dan selayaknya hidup memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

    ReplyDelete
  14. damai semoga selalu terpancar di bumi, walaupun kenyataannya tak spt itu ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts