Semesta Berkurban Untuk Kita



Mendung yang melingkupi sejak shubuh menjelang, menyejukkan suasana. Tapak dara yang menyambut pagi dengan senyum ungunya yang indah. Kecipak air di kamar mandi saat muka dibasuh dengan kesejukan sebuah do'a. Maka lengkaplah kesempurnaan kesejukkan hari ini. Ya, hari ini sebagaimana setiap hari yang lain, semesta berkurban untuk kita. Idul Adha menjelang kawan.

Saya, seperti biasa, agak segan mengurai sesuatu secara panjang lebar dengan demi menuangkan sebuah peristiwa. Ikhwal Idul Adha bukankah dengan mudah bisa kita selancari (googling atau wikiing saja). Biarkanlah kita saling merangkai makna sepenangkapan kita secara terbatas ini. Maka Idul Adha bagi saya spiritnya adalah bagaimana kita berkurban bagi orang-orang di sekitar kita, bagi lingkungan kita, bagi alam semesta ini sebagaimana jejak sang Nabi (Ibrahim AS). Sebagaimana semestapun telah berkurban, menyerahkan semua yang indah dan membahagiakan untuk kita nikmati.

Selamat Idul Adha 1430 H. Maaf lahir dan bathin. Semoga setiap detik nyang kita rangkai mendatangkan kesuksesan dan kebarokahan bagi dunia. Dengan begitu pengurbanan semesta untuk kita tidak sia-sia.

Comments

  1. wuaaaaaaa... keliatannya enak ntuuuh... opor ayam ikz....

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah bisa cepet dateng kemari.....dapet bagian opor ayam deh....hehehe

    ReplyDelete
  3. @Rangga, Aditya, mari silahkan dinikmati, hehe.

    ReplyDelete
  4. Makasih mbak atas hidangannya ,wah ..nikmatnya.

    SMP ah,sudah makan pulang hehe.

    ReplyDelete
  5. di rumah juga ada opor dan lontong (bukan ketupat) buatan mertua. tetap ramai untuk menikmati idul adha
    selamat hari raya idul adha 1430 H :)

    ReplyDelete
  6. padahal tadi kenyang kebanyakan makan daging kambing. tapi sekarang jadi laper lagi nih..hhmm, yumi..hehe

    ReplyDelete
  7. wah,saya bukan pecinta kambing,tapi seluruh rumah bau kambing :(
    yahh,selamat berqurban everyone!
    selamat idul adha juga bunda :)

    ReplyDelete
  8. Wih sedapanya manaknya... Mengingatkan Diriku akan lezatnya mkan bunda ku tadi pagi..

    Slmat hari Raya Idul Adha ya Mbak..

    ReplyDelete
  9. hm yummy banget hidangannnya jadi laper bu padahal siang tadi udah sliaturrahmi 5 rumah

    ReplyDelete
  10. ternyata makna berkurban lebih luas cakupannya yah, tidak sekedar menyembelih kambing, sapi atau kerbau saja.

    selamat idul-qurban "sucikan hati dan ihlaskan niat untuk berbagi di hari besar:.

    ReplyDelete
  11. selamat idul adha mba...

    besok sekolah saya juga merencanakan kurban...

    ga sabar hehe

    ReplyDelete
  12. @all (Ateh, Baho, Sigit, Minomino, Laks.Embun, Munir, Aditya, Trimatra, Ega, semuanya) terimakasih komentarnya. Yep, semoga Idul Adha ini menambah ketaqwaan kita. Minomino hidangan saya gak ada kambingnya, cuma opor ayam kampung dan sedikit temannya yang lain.

    ReplyDelete
  13. meski terlambat,selamat hari raya idul adha ya mba ^_^

    semoga kita khususnya aku bisa memetik makna berkorban dan belajar keikhlasan nabi ibrahim,
    hemm..kayanya menu lebaran kita sama loh mba..opor ayam dan ketupat,sambal goreng kentang...hemm..yummy mba

    ReplyDelete
  14. Selamat hari idul adha dan selamat berakhir pekan mba.... huhuhu... aku ngiler liat makanannya... hehehehe,

    salam,

    ninneta

    ReplyDelete
  15. Selamat Idul Adha juga..semoga dengan berkurban dapat membersihkan harta kita.

    ReplyDelete
  16. Wuih,..mbak..hidangan hari Raya yang menggugah selera
    selamat hari raya kurban ya mba..

    ReplyDelete
  17. q kebagian gak ya,...????
    selamat hari raya Qurban bunda,.. :)

    ReplyDelete
  18. Mbak Elly, kalau saya dateng kesana masih adalagi gak...???hehehehe..

    Mbak, nomor hape mbak Elly ilang :( soale, hapenya dah dimandiin jadi, yah data2nya hilang :( nanti inbox yah mbak? atau gak di YM :) makasih...

    ReplyDelete
  19. Sama2 mbak... Saya juga mau ngucapin Selamat Idul Adha 1430 H. Kapan mbak makanannya bisa dikirim ke rumah saya? :D

    ReplyDelete
  20. @SenJa, hehe, it's a common sense of Indonesian culinary
    @ninnieta, terimakasih ninnieta.
    @Isti, sama2 mbak
    @Itik Bali, thanks tik
    @Ahmad F, he telat mad. Sama2 ya.
    @Anazkia, ya...ok deh nanti di FB
    @Anggi, hehe, sama2 nGgi.

    ReplyDelete
  21. mbak...hidangannya menggugah selera, tapi yang paling membuat saya merinding judul postingannya mbak :) semesta berkurban untuk kita...so deep, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  22. Hidup sejatinya adalah sebuah pengorbanan, barang siapa yang tidak berani berkorban, maka tidak usah menjalaninya.
    Berkorban adalah awal dari kemenangan, bukan kekalahan.

    Selamat Idul Adha Mbak....mohon maaf lahir batin.
    Pamit dulu, jadi laper lihat hidangannya.

    ReplyDelete
  23. hmm...,, sungguh nikmat di hari raya..

    ReplyDelete
  24. @Zahra, mari sama2 kita resapi mbak.
    @Stiawan, yep bener bang. Pasti sekarang sudah makan hidangan di rumahnya.

    ReplyDelete
  25. @Haitsam, terimakasih. Dimana-mana sama kan sobat.

    ReplyDelete
  26. auw auw auwwww... masakananya bikin ngiler nihhhh
    bikin laper....

    kemrarin cuma bikin sambel goreng, ma telor aja... ehehehe
    gak bikin ketupat ma lontong, alhamdulilah ada tetangga yang berbaik hati berbagi ketupat hehe

    ReplyDelete
  27. selamat idul adha juga mbak!
    aku kemarin gak sempet ngapa-ngapain,,sibuk sama tugas...

    ReplyDelete
  28. met idul adha juga mbak... huwaaaaa..... ketupatnya bikin ngiler dot com mmmmyammmnyam

    ReplyDelete
  29. Selamat Aidul Adha...
    Semoga pengorbanan Ibrahim dapat kita tauladani

    ReplyDelete
  30. Selamat merayakan Idul Adha ya, mbak...

    ReplyDelete
  31. selamat hari raya kurban mbaakkk!!!!

    *lagi makan sup daging :D*

    ReplyDelete
  32. met malem bu......kemana aja kok jarang posting lg?

    ReplyDelete
  33. amiin... met ied al adha juga bu.. semoga kita dilingkupi keberkahan.

    ReplyDelete
  34. Maaf nih, bunda. Aku baru tiba. Hmmm, opor ayam dan ketupatnya masih ada gak ya?

    ReplyDelete
  35. Jadi laper ngeliat makanannya, met Idul Adha juga..maaf telat

    ReplyDelete
  36. Pagi Bunda, ijinkan menyapa di pagi yang dingin..

    ReplyDelete
  37. Selamat juga,,,moga kita mampu menyembelih apa2 yg dicinta, seperti Ibrahim as menyemblih anaknya tercinta...
    Oh ya mba, link nya udah terpajang di blog aku, hehe

    ReplyDelete
  38. @all (aaSlamDunk, Yunna, Rosi, Kabasaran, Fanda, Andie, Aditya, Mas Ichang, Ivan, Noor, Insan) terimakasih komentarnya. Maaf baru buka blog lagi. Selamat beraktivitas. Insan, siip. Saya segera menyusul.

    ReplyDelete
  39. Itulah bedanya mbak Elly dgku...
    Aku malah lebih sreg bicara detil, sementara mbak Elly lebih jago bicara esensi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts