Tentang Keunikan Dan Kekhasan Usaha


Ada banyak Anggrek, Yang Ini Unik Bagi Saya Karena Tanaman Sendiri

Ya keunikan itu dimana-mana diperlukan, terlebih pada era globalisasi sekarang ini. Tadi pagi secara tidak sengaja saya melihat tayangan di salah satu televisi kita. Saya lupa judul acaranya, yang jelas acara itu menampilkan sosok Bob Sadino. Ya, siapa yang tidak kenal sosok beliau. Wirausahawan sukses, sedikit nyentrik dan tentu saja unik, pemilik Kemchicks yang terkenal itu. Setelah sekuel iklan, begini ucapan Bob Sadino yang masih saya ingat, modal untuk bisnis itu tidak harus uang. Selama kita memiliki badan yang sehat juga pikiran yang sehat (tidak sedang gila, tidak sedang terganggu ingatan atau sedang stress berat, hihi ) kita bisa mengelola usaha (bisnis) dengan sukses. Tentu saja asal kita bersungguh-sungguh. Kata-kata bersungguh-sungguh ini asli saya yang menambahkan. Iya kan, apapun yang kita lakukan tidak akan berhasil bila kita tidak bersunguh-sungguh. Beliau mengambil contoh seorang yang tidak memiliki modal berupa uang bisa memulai usaha (hanya bermodalkan badan sehat dan pikiran sehat) dengan membantu menjualkan produk telur milik tetangganya ke warga sekitar kampung. Karena beliau yang ngomong, yah saya percaya. Saya pernah baca biografi beliau, beliau pernah jadi supir, jadi pedagang telur, dan sebagainya, sebelum jadi sukses seperti sekarang.

Bagi saya hal itu kedengarannya sangat masuk akal. Memang itulah modal utama setiap orang untuk melakukan usaha. Rasanya kalau setiap orang memiliki pemikiran seperti itu, tidak akan ada lagi pengangguran di Indonesia. Jadi sebagai modal awal memulai bisnis adalah punya badan sehat dan pikiran sehat. Soal lain-lain akan berjalan mengiringi. Bila kedua modal itu telah kita optimalkan sedemikian rupa dan bersungguh-sungguh, kita akan menemukan cara untuk memoles kuseksesan. Sebetulnya kita tinggal searching saja, ada banyak teori tersimpan di mesin pencari. Kiat-kiat sukses berbisnis, teori brand image, personal branding, dan lain-lain.

Sekarang lebih khusus lagi, bila kita ingin usaha/bisnis kita sukses, tentu bisnis kita harus punya posisi dan keunikannya sendiri. Bila tidak, orang tidak akan menoleh pada produk kita. Kembali ke jualan telur tadi, andai kita yang melakukan bisnis itu maka mari kita pikirkan cara bagaimana supaya seluruh warga kampung kita mau berlangganan telur pada kita, tidak lagi membeli dari tempat lain. Ya kita harus melakukan sesuatu, sesuatu yang memiliki keunikan, hal khas yang tidak didapat dari tempat lain. He, pasti sebagian kita akan nyeletuk, ah telur dimana-mana sama saja bentuknya. Ya memang sama, tetapi kita bisa melakukan polesan-polesan. Bahwa telur yang kita jual dijamin segar. Dikemas dalam tempat yang baik dan bersih. Dilakukan grading berdasarkan ukuran telur. Bila perlu telurnya sudah dicuci bersih sehingga ibu-ibu bisa langsung meletakkannya di lemari es. Ya, banyak kreasi yang bisa kita lakukan. Bila perlu kita mengantarkan telur dengan pakaian khusus yang cerah, dan dengan senyum khas yang selalu menyungging di bibir kita, hehe.

Bila dianalaogikan blog kita adalah usaha/bisnis kita. Hm..masih ingat kan definisi bisnis, semua kegiatan yang berorientasi pada keuntungan. Keuntungan kan tidak selalu berupa uang. Maka jadikan blog kita memiliki kekhasan, keunikannya yang tersendiri, sesuatu yang tidak ditemui para pembaca di blog lain. Ada yang disebut kategori, apa hal khusus yang kita bahas disana. Kita bisa melakukannya dengan gaya kita, dengan mind dan soul yang kita miliki. Dengan begitu blog kita akan khas kita. Anak-anak sekarang mengatakannya "Gue banget". Sesuatu yang gue banget itu tidak harus sangat hebat, cukup unik saja. Bila kita terkungkung dengan kata-kata blog hebat, blog terbaik, kita akan terbebani. Kalau sudah terbebani, rasanya tidak nyaman lagi. Bagi anda yang orientasi blognya mencari keuntungan berupa tambahan uang (penghasilan), coba saja resep ini.

Rasanya....itu yang saya lakukan dengan blog saya, meski, he, blog saya belum masuk dalam urutan 100 blog dalam mesin pencari . Meski, lagi, saya tidak berorientasi pada uang. Saya tidak begitu tertarik untuk menjadi blog yang terbaik. Selain karena itupun rasanya tidak mungkin (ya saya mengukur kemampuan saya dong). Saya cuma ingin dengan soul journey saya ini (dengan my own purity, my own soul), blog saya memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri dan bermanfaat bagi pembacanya. Saya ingin sahabat-sahabat blogger saya, atau siapapun yang membaca blog saya menemukan manfaat juga kekhasan tersendiri pada blog saya. Dan semoga mereka menyukai sesuatu yang khas saya tadi. Bila suatu saat saya menghilang dari jagad blogosphere ini orang tetap akan merindukan saya dengan kenangan yang baik karena saya telah memberikan sesuatu yang bermanfaat unik dan khas ala saya kepada mereka. Hehe, stop sebelum saya ngawur lagi.

Omong-omong soal khas tadi, jujur tadi pagi saya mencoba-coba mengganti warna blog saya. Hasilnya sebenarnya lumayan. Tapi, begitu saya amati lagi dengan seksama, dari beberapa angle, kok rasanya saya merasa asing dengan blog itu. Rasanya ah "gak gue banget". Lalu saya ganti lagi warnanya ke warna semula, hitam. Saya pikir-pikir lagi kenapa saya suka warna blog saya hitam, meski beberapa teman mungkin saja mengatakan hitam itu suram. Padahal hitam juga bukan satu-satunya warna favorit saya, saya juga suka warna lain. Ah, saya menemukan jawabannya, karena saya suka kopi. Hampir seluruh postingan, saya buat saat saya sedang minum kopi. Seperti sore ini, ada kopi dan pisgor disamping saya. Kopi saya khas, agak kental, tidak begitu manis, maknyus dan tentu saja hitam warnanya. Demikian soul journey saya hari ini teman. Bagaimana pendapat anda, pasti anda punya renungan sendiri soal bisnis atau blog khas dan unik tadi ?, mari kita renungkan bersama.



Comments

  1. aduuhhh, mbak yu curang postingannya pake acara pisgor sama kopi!!! bikin ngiriiiiiii!!!

    btw, ini udah bagus kok mbak elly, hitamnya terlihat elegan sesuai judul blognya. tapi kalu mbak elly mau ganti warna ya monggo. jangan pinky ajah nanti banyak yang muntah,hahahha. secara banyak yang ngatain jengsri pinky lady,hahahha.

    ReplyDelete
  2. wah mba, aku sendiri ngga begitu tertarik sama yang namanya berbisnis lewat blog atau sebagainyalah...tujuan utama aku ngeblog adalah cuman untuk berbagi cerita.

    aku malah suka males berkunjung ke blog orang yang penuh dengan iklan disana-sini. Rasanya aneh aja.

    ReplyDelete
  3. Aku lebih suka berbisnis via website. Website memang gudang info, dan kalo udah nemu infonya, brgnya jg ada, ya transaksi lgs deh. Blog, sebaliknya, menurutku lbh personal sifatnya krn ada interaksi antara blogger & pembaca. Aku selalu percaya bhw manusia itu unik, maka blog yg bagus jg yg memancarkan karakter khas pemiliknya.
    Kalo blog-ku apanya yg khas ya mbak? [jgn bilang sakura berguguran loh, coz itu cm nyomot dr blog org lain...]

    ReplyDelete
  4. Sosok Bob Sadino bersahaja, benar mbak unik dan khas, padahal milyuner penampilannya bersahaja,jarang yang bersikap seperti dia

    ReplyDelete
  5. berarti modal utama usaha adalah badan dan jiwa yang sehat kan?

    ReplyDelete
  6. @JengSri, Iya ya jeng sesuai selera masing2 sj. Blog si Jeng bg sy sngt OK kok. He yuk ngupi lg,

    @Antaresa, siip menyesuaikan sm niat sj. Bikin blog ada iklan sebetulnya OK juga.

    @Fanda, yakin sy kl bisnis mbak Fanda makin lancar, smg sukses ya. Ya setuju blog personal sifatnya. Karenaaya, tentu sj unik dan khas mengikuti selera pemiliknya.

    @Trimatra Iya memang itulah modal utamanya. Hal lain2 cm pelengkap.

    ReplyDelete
  7. @Eri, ah iya banyak sisi positif yg bisa kt ambil dr beliau.

    ReplyDelete
  8. mbk, aku jg nonton profil Bob Sadino, di Metro TV kan mbk?..
    Aku selalu tertarik dgn kisah2 seseorang memulai bisnisnya dari nol. Ttg, spirit dan philosopy hidup mereka; mengaggumkan memang (paling tidak menurut ku).

    bisnis lewat blog, kenapa tidak?
    bnyk teman yg melakukan itu, dan nyatanya mereka sukses besar. apalagi modal yg dikeluarkan utk mendirikan bisnis online tdk terlalu besar,seperti bila kita membuka bisnis di dunia nyata. bnyk lho, ibu2 RT buka toko online menjual pernak pernik yg nyatanya laris manis.

    tp yg perlu diwaspadai adalah skrng ini ada/bnyk unsur penipuan lewat bisnis online , contoh bila ada yg mengajak berbisnis "dapatkan uang 2 jt/minggu", atau
    "3 langkah sederhana menjadi miliarder", atau ini "dlm sebulan pendptan and bisa menjadi ratusan juta rupiah, bila anda bisa mengetik di komputer"
    bla.bla.bla...dll

    bisnis ini yg gak usah diikuti...
    *maaf, panjang ni komennya mbk.. ^_^

    ReplyDelete
  9. saya tertarik dengan kata "bisnis dan blog unik"
    pada awalnya ngeblog yang terpikirkan oleh saya adalah menyimpan beberapa tulisan saya yang sudah belasan tahun berupa kliping, kenapa tidak mumpung ada media gratis plus bisa dipublikasikan sekaligus? Tapi jika mungkin menjadi bisnis yang unik kenapa tidak..?

    nah, sekarang tergantung kita, apakah bisnis profit atau non profit/laba atau nirlaba.
    Biasanya bog seorang penulis (diluar jurnalis)lebih mementingkan bisnis ber-orientasi non profit, tetapi profit dalam hatinya. begitu pula blog unik adalah blog yang lahir dari kreatifitas sendiri, keinginan sendiri.

    ReplyDelete
  10. sepertinya mbak elly punya deh ciri khas blognya. postingannya itu lho kalo selalu bikin aju terpegun dan merenung tentang isi dari setiap postingannya yang penuh makna.
    hmmm sepertinya blog ku jauh deh dari khas. soalnya blog itu tempat aku cerita apaaa aja yang terlintas di benakku. baik itu emosiku atau santaiku. jadi kek gado-gado gitu deh heheheh

    ReplyDelete
  11. kalo aku suka warna biru, makanya blognya biru. tapi...blog cuma utk menyalurkan hobi. belum utk bisnis

    ReplyDelete
  12. wah mbak aku gak kepikiran tuh ngeblog buat usaha, mbak tahu sendiri aku gaptek kalaupun misal otakku udah bling-bling cling kayaknya belum kepikiran juga mau bisnis via blog. hitam warna favorit aku mbak, tapi berhubung mata gak beres kalo baca back groundnya item agak sakit, makanya diganti templatenya.

    ReplyDelete
  13. @Tisti, iya ya metro tv. Siip smg sukses dgn bisnisnya.
    @boykesn,ya setuju, sebab keutungan tdk hnya uang, semua bs2 sj.
    @dwinacute, he disadari atau tidak,setiap blog sdh pasti sbgmn selera pemiliknya.
    @Sang Cerpenis, ya you're the boss of ur blog. Good luck
    @eden, hm...template eden yg skrg ok, cute kok.

    ReplyDelete
  14. anggreknya cakep ya mbak yu? warnanya jengsri suka banget :)

    ReplyDelete
  15. nanti tak buatin kalau ke jakarta mbak elly, siapin aja turkeynya, jangan ayam tetangga dipotong ya,heheheh

    kaburrrrrr

    ReplyDelete
  16. @JengSri, he unik dan khas krn yg ambil gambar gak gape. Eh beres jeng, nanti tak siapin. Paling kl gak dpt mt si Jeng yg bawa'in dr dublin, kekekekek.

    ReplyDelete
  17. Cucok Mbak. aku setujun banget dengan pemikiran2 macam begini. BTW, Mbak elly dalem banget kalau lagi mengupas soul jorney...jadi ingat waktu ikut ESQ, ada kupasan juga tentang inner journey...
    Tetap semangat ya Mbakk....

    ReplyDelete
  18. pagi mbak elly. dublin mendung hari ini :(. semendung hatikuuuuhhhh :((

    ReplyDelete
  19. mbak elly makasih ya ucapan nya tuk ponakanku...hehhehe jeng sri mendung tuh mbak. hayooo di hibur mbak pake postingan yang nyentuuuuhh banget seperti selalu yang mbak suguhin ke kita-kita

    ReplyDelete
  20. Hmmmm.......
    komentar apa ya????
    kehabisan kata-kata neh...

    ReplyDelete
  21. mbak Elly selalu merendah
    selalu bilang mana mungkin jadi blog yang terbaik
    padahal artikel mbak Ely selalu bagus..
    postingannya rutin
    gak terlalu sering
    tapi selalu terupdate.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts