Apa Yang Paling Masuk Akal Dilakukan Ketika Anda Kehilangan Gairah Kerja atau Dilanda Kebosanan


Harapan adalah seperti senja yang menyongsong sebelum kegelapan tiba, karena esok hari yang cerah kembali tiba (Elly Suryani, 2009).

Setiap manusia normal pasti pernah merasakan hal tersebut, kehilangan gairah hidup, kehilangan gairah kerja, atau dilanda kebosanan. Itu hal yang manusiawi, lumrah saja. Dan supaya hal tersebut tidak menganggu pekerjaan anda, tidak menganggu irama hidup anda, tentu saja anda harus segera memecahkan masalah tersebut.

Sekali lagi dengan tidak bosan-bosannya saya mengatakan, andalah yang tau cara mengatasi masalah anda dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan anda, dalam porsi yang pas untuk anda. Jadi singkirkan semua teori yang pernah anda baca, lakukan dengan cara anda sendiri. Dengan senang hati saya akan berbagi dengan anda (berdasarkan pengalaman saya sendiri), yang silahkan anda ramu, anda sinergikan, anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan bila anda mengalami kehilangan gairah kerja, kehilangan gairah hidup :
  1. Periksa apa penyebabnya. Tentu andalah yang paling tau penyebabnya, apa masalah yang anda miliki. Jujurlah pada diri sendiri, jangan berkata anda tidak memiliki masalah padahal anda punya, ini akan menyulitkan anda sendiri.
  2. Bila anda sudah tau penyebabnya, segera selesaikan masalah tersebut sampai tuntas. Bila ada pekerjaan yang tertunda, selesaikanlah pekerjaan tersebut. Bila anda memiliki hambatan, maka bereskanlah hambatan tersebut. Bila masalah yang anda miliki menyangkut hubungan anda dengan orang lain, maka selesaikanlah masalah tersebut dengan jiwa besar dan dengan cara yang baik.
  3. Bila anda benar-benar tidak tau cara menyelesaikan masalah tersebut, maka ambilah waktu khusus untuk benar-benar memikirkan cara menyelesaikan masalah tersebut, jangan segan untuk bertanya kepada yang lebih tau.
  4. Bila masih saja menemui jalan buntu, lebih spesifik lagi pikirkanlah jalan keluarnya dengan lebih bersungguh-sungguh. Bila diperlukan berkontemplasi secara khusus pada waktu di luar jam kerja anda, mungkin pada malam hari menjelang tidur. Renungkanlah sambil membebaskan pikiran dan jiwa anda. Bila anda seorang muslim anda bisa melakukan sholat Istikharah, sholat hajat. Setelah itu berdzikirlah, lalu berdoalah dengan sunggug-sungguh, mintalah dengan segala kerendahan hati anda. Pengalaman saya juga beberapa teman, bila kita melakukan kontemplasi yang mendalam dan khusuk (tentu saja setelah ihktiar dilakukan), sambil benar-benar memasrahkan diri pada pertolongan Tuhan, beban akan terasa terlepas, terasa lega. Maka pada pagi hari atau dini hari, atau kapan saja, anda akan terbangun dengan segar dengan ide pemecahan sudah dalam kepala anda. Alam bawah sadar anda sudah bekerja pada saat anda memikirkannya secara khusus, lalu membiarkannnya mengendap untuk sementara waktu. Betul-betul seperti keajaiban, seperti Archimedes yang terbangun menemukan ide pemecahan masalah dengan menyebut "eureka!".
  5. Selanjutnya, mudah saja, selesaikanlah segera masalah tersebut berdasarkan ide pemecahan yang sudah anda temukan, jangan ditunda lagi.
  6. Bila kehilangan gairah anda tersebut disebabkan anda mengalami kejenuhan, bosan dengan rutinitas kehidupan, rutinitas pekerjaan anda, maka lakukanlah refreshing. Lakukan apa saja yang dapat membuat jiwa dan otak anda segar. Lakukan apa saja yg bisa menyenangkan anda, sepanjang itu positif. Bila anda senang membaca, carilah bacaan baru. Bila anda senang menulis, cobalah menulis. Bahkan anda bisa melakukan kegiatan baru, yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Biasanya tantangan baru akan membuat hidup bergirah kembali (ingat bukan ganti istri atau ganti suami ya, hehe), misalnya menjadi blogger. Membuat blog atau website yang bisa menjadi ajang bagi anda untuk mengungkapkan apapun uneg-uneg, apapun minat dan visi anda, diluar pekerjaan utama anda. Lakukan dengan hati yang riang, kebosanan itu akan hilang dengan sendirinya.

Bila langkah-langkah di atas telah anda lakukan dengan sungguh-sungguh, dengan jujur, yakinlah anda akan menemukan gairah kerja dan gairah hidup anda kembali. Selamat mencoba.

Comments

  1. ye betul marilah blogger bersama saya..;-)

    ReplyDelete
  2. great info, thk u for visiting my blog, u too.. interesting blog:)

    ReplyDelete
  3. @Zumairi, tentu saja, terimakasih.
    @Makcu, thanks. Your blog's interesting, too.

    ReplyDelete
  4. kalo saya dilanda bosan di tempat kerja,, saya lari ke blog nuangin hal2 positif... yuuk mariii

    ReplyDelete
  5. @donalduck, itu komen yg jujur. Mungkin setiap blogger spt itu (sebatas cr inspirasi sebentar,sesudah itu kerja lagi). Jd, yuk mariiii.....

    ReplyDelete
  6. Masalah memang selalu menghantui saya beberapa bulan terakhir, untunglah ada teman yang berbaik hati mengajari saya buat blog ( hanya ilusi ). Disitulah saya menumpahkan kegalauan saya walau tidak secara terang-terangan..hasilnya sudah terlihat..ada kesibukan yang membuat saya melupakan masalah2 yang ada dan sayapun mendapat teman baru seperti Bunda. Artikel yang bagus..

    ReplyDelete
  7. saya akan refreshing sejenak kalo tiba2 gak punya gairah kerja.

    ReplyDelete
  8. Kalo saya bosan.. hmm... saya akan tidur, haha.. :p atau makan di luar or masak sesuatu yg baru, atau beli DVD romantic comedy banyak2 dan nonton sampai puas, biasanya sih ini sangat menolong mengangkat mood saya, pokoknya melakukan sesuatu yang melenceng dari rutinitas.

    Nice post!

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts