Setia Sampai Mati


Entah mengapa kata-kata ini muncul di benak. Mungkin karena beberapa hari yang lalu si Itik Bali mengomentari postingan Hari Ini Dengan Para Buaya saya. Kata Itik Bali, kurang-lebihnya begini "... buaya jadi bulan-bulanan untuk menunjukkan sifat playboy, sehingga muncul istilah buaya darat, ada yang suka bilang dasar buaya lo!. Padahal, masih menurut Itik, buaya adalah mahluk super setia. Sampai mati sang buaya akan setia pada pasangannya.

Baiklah, itu cuma contoh saja betapa kiasan, istilah, pemeo, perlambang, kadang tidak sesuai dengan faktanya. Kembali lagi ke soal SETIA ini, saya jadi berpikir tadi apa itu setia...? Ya, setia bagi saya adalah kondisi konsisten terhadap sesuatu, tidak berpaling dari sesuatu. Sesuatu itu bisa suami, istri, pacar, teman, apresiasi terhadap sesuatu, selera terhadap sesuatu. Seperti itulah. Setia itu kondisi yang lebih besar tuntutannya daripada Loyal. Ini menurut saya lho. Saya yakin anda pasti punya pendapat sendiri.

Bagi saya setia itu harus sampai mati. Tapi mati ini yang sering tidak sama antara saya dan orang lain. Mungkin bagi orang lain mati itu ajal menjemput. Bagi saya mati lebih berarti matinya kisah, matinya cerita, matinya asa. Misal seseseorang bilang setia pada pacarnya. Maka saat hubungan pacaran itu usai, mereka tak harus saling setia lagi karena hubungannya sudah usai. Setia juga harus dilakukan secara ikhlas. Jangan setia padahal melakukannya terpaksa, tentu akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Jangan bilang setia padahal tidak, lebay namanya.

Bagaimana menurut anda....? Apakah anda seorang yang setia ? dan harus sampai matikah ? Silahkan direnungkan.
Saya sendiri, setia sampai mati lho sama Bejo saya. Saya juga setia sampai mati pada selera saya, hehe. Selamat siang semua. Mari lanjutkan aktivitas kita.

Gambar diambil dari sini

Comments

  1. setia hingga terakhir di dalam keyakinan...

    Kesetiaan mbak sama bejo tak dapat disangsikan lagi....

    ReplyDelete
  2. Met sore mbak..... mampir ngupi, koment dikit dan ngevote.
    semangat dan sukses selalu, salam buat Bejo...

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum,
    gmana kbrnya mbak, sehat?pasang kapling dulu yang ketiga ah...
    tinggal dulu yah
    wassalam

    ReplyDelete
  4. Setia sampai mati yang diungkapkan oleh sang pacar itu biasanya gombal ya mba..saya setuju dengan kata mba ,bila setia itu harus ikhlas,karena bila ikhlas sudah pasti setia ...

    Seperti biasa nice post..

    ReplyDelete
  5. Pepatah lama mengatakan, gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang.
    Barangkali semangat kesetiaan itulah yang membuat kita untuk terus dikenang......

    ReplyDelete
  6. Aku teringat dg kalimat yg dituliskan oleh Wolter Monginsidi (pahlawan kemerdekaan) dalam fotonya yg berbunyi: Setia hingga akhir pada keyakinan."

    ReplyDelete
  7. yoi... setia sampai mati.....
    sampai mati rasa..... hehehe....

    ReplyDelete
  8. Keikhlasan bisa dikatakan sangat tinggi harganya. Keikhlasan berbanding lurus dengan kesetiaan. Karena dengan keikhlasan yang tinggilah kesetiaan dapat terwujud. Dengan ikhlas menerima pasangan kita apa adanya, berarti secara tidak langsung kita telah mengikrarkan kesetiaan. Bukan kesetiaan melalui pernyataan yang diwujudkan dengan kata-kata. Tapi kesetiaan yang diucapkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan.

    ReplyDelete
  9. sependapat dengan mbak elly atas makna setia sampai mati. yang jelas bukan setia hingga datang sang pengganti

    ReplyDelete
  10. setia emang harus sampe mati ...
    nggak boleh main2 ama yang namanya setia ...

    ReplyDelete
  11. Saya setia lho, Mbak Elly. Saking setianya, saya sering lebih setia kepada kekasih ketimbang kepada diri saya sendiri..

    ReplyDelete
  12. benarkah buaya itu makhluk yang setia??

    anjing dan kucing mgkn lebih cocok untuk menggambarkan ketidaksetiaan. anjing dan kucing pasanganny kan ganti2 mulu, inses malah. cih.

    ReplyDelete
  13. tapi kok gambarnya sepedah sih? apa hubungannya nih sista...

    setia itu... tidak berpaling, klo sudah berpaling,ya lupakan sajalah... :(

    ReplyDelete
  14. setia...setiap denger kata ini kenapa jadi takut yah, susah rasanya mengingat manusia termasuk makhluk yang labil

    ReplyDelete
  15. trima kasih nasehatntya kaka...
    hal yang paling setia adalah bayangan diri kita.
    kemana aja ngikut dia....

    ReplyDelete
  16. @all, terimakasih komentarnya. Semuanya mantap dah.
    @Ducky, gambar sepeda dan kondisi buram, menggambarkan kesetiaan pada kondisi, meski jadul.
    @Trimatra, hehe, iya ya.

    ReplyDelete
  17. Harus mbak..setia sampai mati
    Hanya Tuhan yang mampu memisahkan apa yang sudah dipersatukanNya.
    semoga ya mbak..

    ReplyDelete
  18. Mbak..aku bisa minta linknya untuk tutorial pasang foto comment author
    aku coba di beberapa tutorial gak pernah sukses..
    thanks sebelumnya ya..

    ReplyDelete
  19. belum menemukan seseorang utk disetiain
    XD

    ReplyDelete
  20. Ketika suatu hubungan didasari pd keikhlasan, dan ketika tiba menjadi suatu keputusan bukan pilhan, maka hubungan yg terjadi kemudian adalah sebuah hubungan yg setia satu sama lain.

    *maaf, nih baru mampir...sedang dilanda virus malezz*

    ReplyDelete
  21. ngomong2, saya suka banget fotonya. :)

    ReplyDelete
  22. Semoga saya termasuk orang yang setia mbak, yang konsisten terhadap sesuatu. Dalam postingan saya sebelumnya, saya menulis kalau saya akan tetap setia sampai 4 tahun kemudian. Semoga saja kesetiaan tersebut tidak luntur oleh waktu.
    nice post mbak. silahkan dilanjut aktifitasnya... hehe.. :)

    ReplyDelete
  23. setia? curi curi pandang masih boleh kali ya..

    ReplyDelete
  24. Curhat aja, semoga saya bisa menjadi manusia yang setia :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts