Food and Traveling, Dua Hal yang Klik dan Klop

Sebab perjalanan itu baik dekat apalagi jauh pasti merasa lapar.  Sedang jalan lalu lapar pasti kita mencari makanan. Klik dan klop lah. 

Maka acapkali traveling jauh atau dekat, yang saya lihat adalah seni memasak suatu kawasan. Orang kemana,  saya nyantroni pasar tradisionalnya.  Mengintip bumbu dan rempahnya. Memperhatikan cara memasaknya juga jika memungkinkan. 

Kadangkala jadi sumringah ketika menemukan jalur kesamaan kuliner sebuah kawasan dengan kampung halaman saya. Baca-baca lagi... akhirnya ketemu jawabannya karena jalur perdagangan dan perantauan.  Sebab lain,  katanya karena sebelum kejadian merekah dan putusnya pulau Sumatera dengan semenajung Malaysia misalnya.  Dan lain sebagainya. 

Pas sedang di Samarinda eh saya ketemu juga dengan makanan yang ada di kampung saya (Palembang)  macam tempoyak,  bekasam,  ikan seluang,  ikan betok yang juga favorit disana,  dan kemplang yang mereka sebut amplang, wow. 

Tentunya saya nikmatI semua makanan khas tempat saya traveling dan saya reguk semua info berkaitan dengan makanan tersebut, baik sejarah maupun cara memasaknya.  Pulang ke rumah,  biasanya tercipta menu improvisasi.  Menu kampung halaman saya saya ubah sedikit mengikuti seni memasaka tempat saya traveling,  atau sebaliknya.  

Berikut video memasak Ayam Kampung Muda ala saya.  Ini resep kampung orang tua saya (Komering) yang sudah saya modifikasi, entah improvisasi dengan hasil traveling kemana. 


Yupz,  makanan dan traveling itu memang menyenangkan, klik dan klop banget buat saya. Bisa klop buat kamu juga,  iya kamu. Cobalah.  Salam. 

Comments

  1. Buka puasa pertama kami menu pindang ayam kampung ini. SEDAAAP. Enak nian makan pakai kuah pas buka pasa hehe.

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip Yan. Kepikiran juga bikin Gulai Anam, resep tua banget. Resep warisan lama emang enak2 sih

      Delete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts