Aldiron Plaza Cinde, Wajah Baru Pasar Cinde Yang dinanti

Tak ada yang kekal. Bahkan bayanganmu di dinding. Ia selalu bergerak. Begitupula dengan Pasar Cinde di benak  saat pagi menjelang siang baru terbentuk di hari minggu cerah ini.

Pasar Cinde itu... tempat berburu segala macam barang di pagi buta..
Pasar Cinde... tempat mencari penjahit bagus dengan harga terjangkau...
Pasar Cinde itu,... pusat aneka kuliner Palembang dan jajanan murah meriah
Pasar Cinde itu.. tempat membeli daging ikan Tenggiri untu membuat pempek..

Nah yang terakhir adalah pilihan saya. Saya ke pasar Cinde biasanya sih untuk mencari Ikan Tenggiri bagus yang akan saya tunggu digiling dengan apik dan bersih oleh cicik Sumarni langganan saya. Menyikapi wacana akan dimodernisasinya Pasar Cinde Kesayangan itu, saya lama terpaku dengan sebongkah renungan panjang, akan tetapkah wajah Pasar Cinde di benak kami wong Plembang ini ?

Pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Jawaban yang sudah lama ingin dituliskan. Hanya, ilalang di kepala saya seolah menahan jemari, meminta saya berkontemplasi, merenungkannya kembali. Buat blogger senior  agak lawas dan gak matre ini macam saya ini, hati nurani adalah segalanya. Apapun yang saya tulis, apapun yang saya review, harus sesuatu yang saya yakini benar dan bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat. Masyarakat Palembang yang mungkin saja diantara mereka adalah keluarga saya, tetangga saya dan sahabat dan kolega saya. 

Pasar Cinde itu akan menjadi Aldiron Plaza Cinde. Pasar modern yang tetap mempertahankan aura asli Pasar Cinde sebagai pusat penjahit dan aneka kuliner berikut pedagang lamanya. Konsep yang cukup manis.  Aldiron Plaza Cinde akan menampung 1700 pedagang dimana dari jumlah tersebut 800 orang adalah pedagang lama (hore cicik Sumarni akan tetap ada di Aldiron Plaza Cinde), sisanya 900 orang pedagang baru. Sebuah pasar lengkap dan terintegrasi denfan LRT. Semua pedagang lama Pasar Cinde sejumlah 800 orang itu memang dipertahankan dan kuotanya diminta dan dijamin khusus oleh Bapak Gubenur Sumatera Selatan. 

Aldiron Plaza Cinde, sebuah pasar modern dengan konsep Trade Mall, pusat rekreasi, lifestyle belanja dan hunian, yang ditujukan untuk semua kalangan masyarakat, aman nyaman, friendly, hospitality serta mengusung konsep Transit orientation development. Lengkap dan terpadu. Terpadu dengan berbagai fasilitas seperti Songket center, airport city check, LRT stasiun, water park, condotel dan entertaiment. Sehingga kalau warga Palembang ingin belanja, bisa menggunakan LRT, gampang kan. Pelancong yang datang ke Palembang ingin berbelanja Songket dan pempek serta kuliner Palembang lain, bisa banget. Bahkan bisa PP. Dari bandara ke Aldiron Plaza Cinde naik LRT, belanja, city check in, lalu  pulang ke bandara SMB II lagi dengan LRT. Simple banget. 

Sebagai pusat bisnis, rupanya Aldiron Plaza Cinde (APC) sangat diminati  Aldiron Plaza Cinde konon laris bak kacang goreng. Saya kira salah satu penyebabnya karena APC dibangun oleh pengembang Aldiron Group yang punya nama terpercaya. Sebab lain, karena lokasinya menjanjikan dengan keterpaduan fasilitas di atas tadi. Berikut pengaturan lantainya:
  • Lantai Upper Ground untuk fashion.  
  • Lantai 1 untuk aksesoris, kesehatan dan kecantikan, tour and travel dan lain-lain
  • Lantai 2 full untuk batik dan Songket
  • Lantai 3 Busana Muslim
  • Lantai 4, seperti biasa tidak ada lantai 4
  • Lantai 5, Sprey, kain, bantal dan penjahit Cinde dan zona bermain anak-anak
  • Lantai 6, makanan, minuman dan aneka souvenir
  • Lantai 7 perlengkapan runah tangga, produk elekrtronik dan gadget.  
  • Pedagang sayuran dan ikan ada di basement dan semi basement
Lebih lengkap bisa dilihat DISINI

Gebrakan yang sangat rasional mengingat Pasar Cinde lama sudah mulai kumuh dan perlu ditata ulang. Penataan dengan semangat pembaharuan  yang tetap mempertahankan  kekhasan dan aura Pasar Cinde sebagaimana yang dikenal warga Palembang, mempertahakan juga pedagang lamanya. Konsep yang layak didukung.


Begitulah. Rasanya pengen segera melihat bentuk jadinya. Anda yang ingin berinvestasi di Aldiron Plaza Cinde, silahkan hubungi mba Cantik Een Wirono di KWAllProperty agen resmi pemasaran Aldiron Plaza Cinde, di Jalan Jendral Sudirman Nomor 3264-3265 Palembang, Phone 0711-556677 nomor WA di 081367020000.

Comments

  1. Menyedihkan... Tergerus sama bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bilang sih gak. Pasar lama dan ADP sama-sama bisnis, hanya beda pada kelengkapan dan kemodernan sistem pada ADP. Pedagang lama tetap dipertahankan. Jika ternyata tidak, ini yang kita kawal.

      Delete
    2. Setuju umek :)

      Aku sih pribadi seneng dengan ini. Jadi lebih bagus. Semoga lebih banyak manfaat dengan wajah baru ini. Walaupun, kenangan terhadap pasar lama tak akan tergantikan, eaaa hehehe

      Delete
  2. Kakau udah jalan ke pasar nyerah deh...baik itu tradisional ataupun modern mending nunggu di parkiran :-)

    ReplyDelete
  3. Lebih seneng model lamo mek, banyak kenangan, dibanding wajah baru yang terlihat lebih komersial

    ReplyDelete
  4. Alma sih setuju soal perlu integrasi dll. Tp perubahan wujudnyo itu bener2 merubah nilai sejarahnyo. Daerah Cinde banyak yg la kabur sejarahnyo. Setelah bangunan hotel megah di sebrang cinde yg bikin makan rajo makin terbenam itu.

    ReplyDelete
  5. Kalau pendapat aku pribadi setuju sama penataan ulang pasar cinde karena yang lama suasananya bikin kurang nyaman.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts