Lady Finger Hari Ini


Sementara kawan-kawan di Jakarta sedang pesta demokrasi, saya masak Lady finger hari ini. Masakan tak terencana.

Semula pengen masak pindang ayam kampung ala saya, yang praktis dengan bumbu iris tapi rasa sedep maknyuis. Nah, sebab ayam kampung pesan dari kawan yang sudah bersih dan dipotong-potong agak kelamaan dalam mobil, lupa diambil, gak yakin apa masih maknyuis rasa kaldunya kalau dipindang. Ya sudahlah. Buka kulkas, dan menemukan si lady finger alias okra. Jadilah lady finger ini menu utama. Oseng-oseng pedas lady finger.

Resep yang muncul begitu saja ketika melihat si lady finger ini dalam kulkas. Teringat saat traveling ke Malaysia dan makan di kedai ikan bakar pak Lang. Okra dimasak kari pedas. Nah pedasnya okra yang dimasak kari itu menginspirasi saya bikin oseng pedas okra. 

Gampang, syarat semangat memasak itu buat saya cuma satu, pede dengan improvisasi. Saya gak permah terpaku pada resep yang sudah dibuat orang. Improvisasi selalu lebih asyik. Jika oyong enak dibuat oseng-oseng pedas kenapa gak dengan si lady finger alias okra ini. 

Cuma giling bumbu, cabe yang banyak, bawang merah sekitar 3 butir, bawang putih sama. Saya lebih suka menghaluskan bumbu menggunakan cobek dan gak pernah susah menggiling. Gak lebih 1 menit kelar. Buat saya bumbu gak perlu halus, agak kasar malah lebih enak (takut sama biji cabe ya tinggal buang dulu bijinya baru giling). Seperti yang pernah saya bilang, laki-laki, perempuan, memasaklah, you are the best chef for your life. Memasak ala diri sendiri. Lebih sehat dan lebih asyik.

Selanjutnya, tumis, cabe dan bawang yang sudah digiling, minyak agak banyak supaya bumbu tertumis sempurna. Masukkan tomat, biarkan sebentar, lalu masukkan okra. Jangan lama, begitu agak layu, gak lebih 5-7 menit angkat. Saya suka warna sayurannya masih hijau merona.



Pelengkapnya, ayam kampung yang semula mau dipindang itu ya saya goreng setelah diungkep. Potong si buah naga untuk cuci mulut. Nasi, sebelum mengungkep ayam tadi saya masak nasi di rice cooker, jadi sudah matang.


Siaplah si lady finger dengan teman-temannya menu makan siang hari ini. Pstttt, saya makan sambil nonton perhitungan quick count pilgub DKI. Rasanya tambah enak masakan saya melihat pesta demokrasi di DKI ini. Salam.




Comments

  1. Sehat mek menunyo..okra mahal jg yo mek *salah fokus liat label harga di okra

    ReplyDelete
  2. Ha salah penjingakan dak, sepuluh rebu. semangkok bakso di palembang sekarang sudah 17.500. Mungkin karena belum ada yg nanam di pagaralam. Demi memenuhi ngidam, gpp. Besoknyo diimbangi masak caisim seiket serebu yang di giant beli 1 gratis 1 kalo belanja malam 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts