Kayu Agung, Ketika Sungai Bersih dan Menjadi Sumber Kehidupan Warganya

Traveler, pernah ke Kota Kayu Agung? Sudah? Siiip. Kalau belum saya mau bilang sian deh, hehe. Nah ayo baca tentang Kayu Agung ini ya.


Ya Kota Kayu Agung yang adalah ibukota Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Sumatera Selatan adalah sebuah wilayah dimana sungai-sungai terjaga bersih dan menjadi sumber kehidupan dan berkah bagi warganya. Salah satunya adalah Sungai Komering yang melintas di Kota Kayu Agung. Berkah sebab dari sungai itu melimpah ikan-ikan yang oleh penduduk setempat diolah menjadi kerupuk dan kemplang ikan yang lezat dan terkenal paling enak di Sumsel.

Jika traveler taunya kerupuk Palembang, maka kami yang di Palembang taunya kerupuk/kemplang Kayu Agung (selain Kerupuk Sungsang dan lain sebagainya). Bentuk fisik kerupuk Kayu Agung adalah Bantat (padat) dan ikannya berasa sekali. Konon ikan gabus atau delek.
Inilah proses pembuatan kerupuk/kemplang kayu agung
menjemur kerupuk/kemplang di bantaran sungai
Halaman juga jadi lantai jemur
Nah salah satu  gerai kerupuk/kemplang yang terkenal di kayu agung
dipilih dipilih kerupuknya

Selain itu, pemerintah OKI juga memperhatikan kawasan tepi sungai dengan membuat dinding pengaman dan jalur hijau beserta taman di sisi Sungai Komering. Taman tepi sungai yang sejuk. Aseek nih, sambil beli kerupuk/kemplang Kayu Agung, duduk-duduk menikmati angin sejuk, memandangi sungai komering yang di kawasan ini airnya terlihat jernih. Seru melipir kesini.

bantaran sungai komering yang asri
taman RTH di bantaran sungai komering
Numpang leyeh-leyeh aseeek disini
Narsis sesekali boleh dong
Gimana, lumayan keren kan. Teman saya bilang gak kalah pemandangan Sungai Seine (wakakakak, soalnya belum pernah ke Paris).

Demikian gaes. Kapan-kapan saya akan posting tentang rumah panggung khas Kayu Agung dan OKI (saya kan penggila rumah panggung). Ayo traveling ke wilayah tanah air. Ayo traveling kesini, Salam.

Comments

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts