Gaya Baru/Kontemporer Memakai Kain Songket Palembang

Kebetulan saya suka kain. Motif tradisional, kontemporer semua menarik, sesuai selera. Kain batik, tenun, songket, dan lain sebagainya. How to wear it? Nah kalau sudah cara memakai pasti sesuai selera. Yang selera klasik pasti sukanya pakem klasik memakai kain. Yang selera modern, bisa lebih beragam pilihannya. 


Cara memakai kain juga sebuah seni. Kalau sudah seni, maka pakemnya ya tergantung kedalaman rasa seni seseorang. Akhir-akhir ini saya sedang tertarik seni melilit kain baik kain batik maupun songket  yang saya liat dipakai orang di beberapa acara pesta/kondangan di kota saya, Palembang. Kain tidak dipakai dengan cara biasa melainkan dililit dengan cara melipat dan melilit khusus. Ketika jadi bagian depan seperti draperi dan sedikit lebih pendek hingga kalau berjalan gampang buanget. Penampilan kain juga keren.

Gaya ini bisa juga dipakai untuk kain Songket Palembang. Terutama songket mesin karena bahannya lebih ringan. Hari itu saya sedang mampir ke Pempek Beringin di Jalan Rajawali (dekat Hotel Grand Zuri). Nah kedai Pempek Beringin yang ini, selain menyediakan makanan dan minuman kuliner Palembang Pempek dan aneka varian turunannya, juga menyediakan kain-kain khas Palembang. Kain Songket, jumputan/Pelangi dan Prada. Memang sebuah paket Toko oleh-oleh Palembang yang lengkap.

Setelah selesai makan pempek dan ngirup cuko, he, saya melihat mereka sedang memakainkan kain songket ke sebuah manekin. Mereka melilitkan kain songket dengan gaya kontemporer, lipatan dan lilitan khusus di manekin. Saat saya dekati dengan minta diperagakan cara melilitkan kain, eh mereka bersedia bahkan mmeberi izin saya foto. Alhamdulillah, warbiasah baiknya.

Ok kawan, chekidot deh caranya:






Gimana keren kan. Ayo praktekkan ya. Pencinta kain bisa tampil klasik sekaligus modern nih dengan gaya lilit kontemporer ini. Tertarik juga beli songket mesin ini...?, boleh. Silahkan datang ke Kedai Pempek Beringin di Jl. Rajawali yang dekat Hotel Grand Zuri. Gak mahal, harga 1 paket kain dan selendang hanya 225 ribu. Ayo-ayo praktekin gaya ini ya dan beli kain songketnya, hehe. Salam.


Comments

  1. duh pengen model cak ini tapi dak biso bentuknyo kalo idak praktek langsung mek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan kita praktekkin yuk Pink. Ah kain jumputan kemarin keren nih dibuat gaya lilit cak ini 😊

      Delete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts