Search This Blog

Wednesday, March 9, 2016

Menyaksikan GMT 2016 di Palembang

Sebab sedang tidak sholat, maka baeklah saya menyaksikan GMT 2016 di kawasan Jembatan Ampera Palembang.

Sudah lama direncanakan akan menyaksikan momen ini, Gerhana matahari total tahun 2016 dimana Palembang adalah salah satu kota yang dilewati gerhana itu. Hanya, sebab minum obat alergi maka bangun pun kesiangan. Setelah mandi maka pukul 06.20 WIB melesat ke kawasan jembatan ampera.

Rupanya hampir sebagian besar warga Palembang dan sekitarnya berpikiran sama. Jalanan menuju kawasan ampera nyaris macet. Motor, mobil berduyun-duyun kesana. Begitu sampai, hohoho, jembatan ampera sudah membludag. Mungkin sejak lepas shubuh mereka bergerak kesana. Saya dan rombongan menuju ruang kosong yang tersisa. Pas di area dekat taman di bawah jembatan ampera.

Betapa antusias wong plembang menyaksikan moment ini. Di atas Jembatan Ampera penuh sesak, di BKB juga penuh sesak, di taman jembatan ampera juga penuh sesak. Subhanallah di Masjid Agung warga yang sholat gerhanapun penuh sesak bahkan sejak semalam dengan tabligh akbar Ustadz Yusuf Mansyur. Begitu pula yang sholat gerhana di kampung Al Munawar.

Gerhana itu .. adalah gelap yang tiba karena sesuatu yang menghalangi atau menutupi lintasan rutin. Ini fenomena alam. Gerhana itu, maknawinya, bisa juga adalah fase gelap dalam hidup manusia. Gerhana bisa berarti fase gelap saat kau sedang patah hati..., atau saat buntu sebab masalah melilit atau sebab  sedang bokek. Dan setelah fase gelap itu, selalu ada fase terang, begitu kan. Yup, suka suka kau saja memaknai falsafahnya. Berikut foto-foto hasil jepretan pribadi tentang suasana Wong Plembang menyaksikan event GMT 2016 di Kawasan Ampera Palembang.


 
 
 



Demikian. Meski di kawasan Ampera GMT di Palembang ini tidak bisa disaksikan secara sempurna karena mendung yang menutupinya (di Pulau Kemaro dan Jakabaring terlihat jelas loh tahapannya), setidaknya saya menyaksikan moment gerhana itu tadi dengan aura dan sensasi bersama sesama wong plembang lainnya. Sensasi menjelang moment tiba, saat gerhana yang gelap total, dan moment setelahnya. Tak setiap tahun dia tiba. Selamat jalan GMT2016. Salam

No comments:

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Kepada Blogger Pencuri Resep, Blog Resep Enak Nusantara Dan Lain Sebagainya

Kelakuan lama ya, copy paste punya orang, tulisan lalu ditulis ulang dan diterbitkan di blognya tanpa menyebutkan  sumber. Ya setua hasrat ...