Search This Blog

Sunday, February 14, 2016

Berdakwah di Facebook, Tepatkah?

Berdakwah di facebook, bolehkah? Tepatkah? Bacalah kalau mau..


Masa berapi-api menyebarkan pandangan agama ke dunia, ah sudah lewat masa unyu itu buat saya. Mungkin sebab usia sudah merambah hingga tak bisa lagi disebut remaja yang kata orang darah muda dan semangat berapi-api tak lagi melihat situasi. 

Facebook itu, seperti yang semua orang tau, buatan si Mark yang katanya Yahudi itu. Mungkin saja dia menyumbang sekian persen dari profit di FB untuk Israel manalah kita tau. Jadi, buat kalian yang sebentar-sebentar menghujat Israel, agak mikirlah. Seperti numpang di rumah orang tapi ngata-ngatain si empunya rumah.

Alasan kedua, sebagaimana yang semua orang tau juga, pengguna facebook itu beragam, sangat beragam. Dari Muslim dengan segala varian aliran dan keyakinannya entah kau akui atau tidak ( Sunni, syiah, ahmadiyah dll) Kristen dengan segala jenisnya, Budha, Hindu, atheis, agnostik, dll, yang straight perempuan, laki-laki atau yang diantara keduanya, dll, lengkap di facebook. Maka menjejalkan pandangan dan pendapat Islam aliran tertentu adalah sangat memaksa kalau tidak bisa disebut menyebarkan ketegangan apalagi kalau menyebarkannya sudah ngotot dan frekwensi sangat sering. Maka berpikirlah.

Tepatkah berdakwah di facebook? tepat saja asal melihat situasi,  caranya baik, tidak ngotot.  Kalau masih ngotot misal sibuk mengkafirkan syiah, menghujat ahmadiyah, menolak LGBT, kenapa tidak di web khusus saja. Misal di Islampos dll atau buat Facebook syariah seperti usul teman saya, ups. Berpikirlah bagi yang mau.

Jangan terlalu asyik ngendon di fb. Jangan sampai karena terlalu sibuk ngotot berdakwah di fb kita jd tak mendakwahi diri sendiri, jadi individu kasar, ngotot padahal Islam tak.mengajarkan begitu. Jika kita takut syiah, atau LGBT itu menyebar, maka sebarkanlah pandangan Agama kita pada keluarga kita, anak-anak kita. Merekalah yang harus kita jaga.

Begitulah. Apalagi kalau ternyata gak niat dakwah,  sekadar latah Update, asal shar-share link ini itu, hanya membuat ringam.

Selamat Valentin bagi yang merayakan. Salam.

No comments:

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Pesona Labu Kuning, Menjalar di Tanah dan Merambah di Hati Penggemarnya

Sumber Foto : pixabay.com Dalam bayangan saya akan hari tua. Ada sebuah rumah kayu mungil dengan halaman luas. Pada halaman luas itu ...