Search This Blog

Sunday, May 19, 2013

Kambang Iwak Besak

Namanya begitu, Kambang Iwak Besak. Sebuah taman kota, satu-satunya di Palembang. Maka ketika pagi terbentuk tadi, entah mengapa saya ingin mengunjunginya. Ia eperti memanggil-manggil. Dan benar saja, ia memang memanggil.

Sebab begitu banyak event yang diselenggarakan disana tadi pagi. Senam pagi massal. Bhakti soaial pemeriksaan kesehatan dengan berbagai sponsor. lapak dagangan dadakan. Bahkan acara dongeng dan lomba doa anak-anak oleh komunitas Rumah Zakat. Meriah. Sumringah. Orang-orang lalu-lalang. Ada yang antusias mengikuti event yang diselenggarakan. Ada yang sekedar jalan santai sambil mencari udara segar. 

Setiap hari minggu pagi Taman Kambang Iwak Besak di Kota Palembang ini memang ramai. Ia menjadi kawasan yang berlaku "Car Free Day". Tempat orang-orang Palembang mencari udara segar. Ini taman kebanggaan warga. Bersih dan lumayan terawat. Indah dan sejuk. Pohon-pohon besar dan rindang menaungi taman. Di tengahnya, ada danau buatan dengan jembatan besi warna merah. Pada tahu 2010, Kementerian Lingkungan Hidup menobatkan taman ini sebagai Taman Kota Terbaik se-Indonesia. Prestasi yang lumayan dan harus dijaga oleh warganya.

Begitulah. Entah kenapa namanya Kambang Iwak Besak. Taukah kau artinya? Kolam Ikan Besar. Mungkin di dalam kolam (danau buatan) yang merupakan kolam retensi itu terdapat bayak ikan yang ukurannya besar. Mungkin pula Kambang (kolam)nya yang berukuran besar. Entahlah. Mampirlah kesana kalau kebetulan di Palembang. Salam.













No comments:

Post a Comment

Tulisan hasil kontemplasi. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Smart "Pasca" Cooking, Jangan Ada lagi Gulai Malbi dan Rendang Hangatan yang Hancur

Semua benda di sekitar kita, semua piranti di rumah kita bisa menjadi smart tools asal kita tau caranya. Smart tols sangat tergantung pad...