Hilang...

Ada banyak cerita tentang hilang. Sebut satu atau dua yang kau tau. Ada banyak tanya menyoal hilang. Kau, dia dan mereka mungkin pernah menyoal itu. Ada banyak cara untuk menghilang. Baca saja kalau kau mau..

Ya, ada banyak cara untuk menghilang. Jangan masuk kerja, bisa jadi orang akan kehilanganmu. Ambil cuti, lalu menyepi ke tempat sepi. Barangkali orang-orang akan kehilanganmu. Jangan muncul di dunia maya, maka orang-orang maya itu mungkin akan merasa kehilanganmu.

Sesungguhnya, tak ada hilang yang benar-benar hilang. Hilang itu..., hanya soal berpindahnya titik koordinat. Titik dimana sebuah subjek, benda atau zat semula berada. Buku itu terletak di atas meja. Seseorang memindahkannya. Mungkin dipindahkan ke dalam tasnya atau kemana. Ketika kau mencari dan tak menemukannya, maka kau berkata buku itu telah hilang.

Ketika kau tak ada di jejaring maya dimana biasanya kau tertawa, melepas opini jahil, diskusi atau sekedar menebar foto narsis, orang-orang merasa kehilangan dirimu. Padahal kau ada. Ada dalam kamar. Ada di meja kerjamu. Ya ada, hanya...waktu seolah menelanmu. Orang-orang kehilanganmu.

Ketika kau ada. Ada di kicauan twitter. Ada di derai FB. Ada di whatsapp. Ada di jejaring lain. Ada di blog pribadi atau blog keroyokan. Menurutku, sesungguhnya bisa jadi kau sedang tak ada. Kau sedang menghilang. Melesat dari mejamu. Melesat dari kamarmu. Melesat dari dirimu. Kau sedang hilang.

Jadi, hilang itu sesunguhnya tak benar-benar ada. Hanya soal koordinat yang berpindah. 

Selamat datang Oktober. Oktober tiba, hujanpun tiba di kotaku.


Comments

  1. Ohoho... saya suka banget pemikiran ini :D

    ReplyDelete
  2. memang social network buat kita jauh dari kehidupan sosial di dunia nyata.

    ReplyDelete
  3. Mungkin kita perlu bersyukur kalau ada orang2x yang menyadari hilangnya atau berpindahnya titik koordinat kita...itu artinya titik koordinat kita bersinggungan dengan mereka dan sebagai manusia tidak sendiri atau terlupakan.

    Di sini beberapa kali ada kejadian miris, orang yang hilang berbulan2x dan ditemukan meninggal (atau hampir meninggal) di suatu tempat tanpa seorangpun menyadari kehilangan yang bersangkutan, biasanya orang2x tua yang hidup sendiri.

    Memindahkan titik kordinat diri (menghilangkan diri) juga penting kalau kita butuh melakukan sesuatu yang berbeda... Salam kenal ya... :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts