Delapan Kuntum Rosella

Tak ada yang istimewa melainkan ia cuma sejenis tanaman. Hanya, kuntum-kuntumnya bisa membawa efek  menggelegar. Bukan soal manfaat kesehatan yang konon ia punya, tapi ia bisa mengikat tujuh sudara perempuan dalam sebuah ritual diskusi sekaligus silaturrahim mingguan. Ya Delapan kuntum Rosella.


Rasanya telah dimulai 2 tahun yang lalu. Sejak ibunda kami meninggal dunia. Kami mencari cara untuk terus  bersilaturahim dan bertemu di rumah dimana kami dibesarkan. Rosella adalah pengikat pertemuan itu. Salah satu adik saya mulai mengenalkan manfaat Rosella. Delapan kuntum Rosella akan direbus hinga menghasilkan cairan merah yang diberi gula secukupnya. Jadilah teh Rosella segar dengan warna merah menggoda. 

Saya sempat berpikir, apakah "Delapan Kuntum Rosella" itu punya makna sendiri bagi kami ? Entahlah. Delapan kuntum itu rasanya tidak punya makna apa-apa selain jumlah tersebut pas dengan banyaknya air yang digunakan untuk merebus sepanci kecil  Teh Rosella kami. Kami berjumlah 7 orang (7 perempuan dan 2 laki-laki, dan yang laki-laki tidak bisa berkumpul setiap minggu). Tapi...., hm, ah delapan bisa punya makna juga. Dengan Ayahanda maka jumlah Teh Rosella  tersebut pas delapan gelas. 

Ohhhhh. Hanya tulisan janggal saat terbangun tengah malam. Selamat tidur. Salam. 

Comments

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts