Bebaskan Dirimu

Bila tertekan, maka lepaskanlah. Bila kau rasa pengap, maka keluarlah. Bila kau rasa terpenjara, maka bebaskanlah. Ya, bebaskanlah dirimu. Kebebasan adalah kemerdekaan...

Sesungguhnya apakah hal yang membuat kita manusia jadi tidak bahagia..?  Jawabannya bukan saja karena ketidaksempurnaan atau kekurangan-kekurangan materi yang dimiliki. Tapi lebih karena jiwa yang terpenjara. Maka lihatlah kepada diri kita sendiri, sudahkah kita membebaskan diri kita dari rasa cemas yang belebihan? Sudahkah kita membebaskan diri kita dari ketakutan-ketakutan kita? Sudahkah kita membebaskan diri kita dari rasa curiga dan syak-wasangka yang berlebihan? Bila belum, maka bebaskanlah.

Mengapakah? Sebab ketakutan, kecemasan dan prasangka itu menyesakkan, membuat jiwa terpenjara. Sebab membebaskan diri dari ketakutan, kecemasan dan prasangka adalah sebuah jalan menuju kelapangan jiwa, ketenangan. Sebab tak ada yang merangsek kebebasan kita kecuali kita sendiri. Sebab jiwa yang terpenjara akan merangsek kebebasan pikiran kita.  

Hanya renungan untuk diri sendiri saat televisi malam ini masih saja menayangkan berita siang tadi. Salam. 

Comments

  1. selalu positif thingking itu kuncinya

    ReplyDelete
  2. ..dan setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk membebaskan pikirannya kan Bu?

    Salam bu, maaf lama tidak berkunjung kesini :)

    ReplyDelete
  3. bner bnget noh,,,dan sya bersyuk,,sudah menemukan kbebasan saya,,,kurang dan slebihnya ya sperti itu,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts