Karena Hilal

Tahun ini lebaran terasa begitu berbeda. Sebab sesuatu yang disebut "Hilal" maka penentuan kapan 1 Syawal jadi sangat lamban. Tentang kelambanan ini, saya enggan berkomentar. Sudahlah, buat saya dan keluarga hari ini, 30 Agustus 2011 adalah 1 Syawal 1432 H. Idul Fitri tiba.


Tahun ini pula, untuk pertama kali saya sepakat dengan ayahanda saya soal 1 Syawal. Menurut beliau, di ufuk barat bulan sudah tidak terlihat saat fajar terbentuk kemarin. Jadi kata beliau, hari ini adalah 1 Syawal. Saya tidak begitu paham apa yang beliau pahami. Keterbatasan ilmu saya, membuat saya lebih yakin perhitungan kaum Muhamadyah. Ayah saya bilang, ini bukan soal NU atau Muhamadyah (ayah saya Sunni yang condong pada kaum NU) tapi lebih pada keyakinan. Sudahlah pokoknya hari ini keluarga saya merayakan Idul Fitri. 

Selamat merayakan Idul Fitri 1432 H bagi yang merayakan, entah hari ini atau besok. Semoga perbedan karena "Hilal" ini tetap membuat kita nyaman dan damai. Semoga kita meraih manfaat dan barokah dari puasa Ramadhan yang telah kita jalankan. Mohon maaf lahir dan bathin.

Comments

  1. Hai, apakabar sahabat.... :)

    Datang untuk mengucapkan,

    Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.


    -Ninneta-

    ReplyDelete
  2. Selamat hari raya idul fitri juga yah, Mbak? :)

    Apa bedanya muhammadiyah dan sunni? Toh Muhamadiyah hanya nama organisasi? Semoga hari raya idul fitri dapat menjadi refleksi kepada anak2 negeri juga para punggawa negeri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts