Akankah Bang Toyib Pulang Lebaran ini ....???


Bila burung saja pulang ke sarang ketika senja sebelum lebaran, apalagi kita manusia. Maka, akankah Bang Toyib pulang lebaran ini....??? entahlah. Semoga saja. Tulisan ini adalah repost dari tulisan saya yang dimuat di Kompasiana (dengan judul yang sama, disini/ tanggal 18 Agustus 2010). Semoga bermanfaat.

Lebaran masih beberapa hari lagi, entah kenapa tiba-tiba saja saya teringat Bang Toyib. Padahal, he, kenal juga tidak. Ya, Bang Toyib, tokoh antah berantah perantau yang sudah 3 kali lebaran tidak pulang-pulang. Setiap kali bulan Ramadhan dan lebaran, nama Bang Totib begitu fenomenal.

Saya jadi ingat lagi lagunya,

“Tiga kali puasa, tiga kali lebaran, abang tak pulang-pulang sepucuk surat tak datang….”

Owh, lagu yang sungguh mendayu-dayu sekaligus lucu.

Seketika lagu itu mengingatkan saya juga pada lagu Kucing Garong dan Keong Racun. Begitulah tokoh antah berantah yang ada di lagu-lagu lucu kita. Siapapun mereka, marilah kita doakan agar Bang Toyib juga para kucing garong dan keong racun dapat merasakan lebaran yang syahdu bersama keluarga. Siapapun yang memiliki kemiripan karakter seperti mereka, baik laki-laki maupun perempuan, semoga ramadhan tahun ini bisa sedikit membukakan mati hati mereka. Semoga saja.

Akankah Bang Toyib pulang lebaran nanti ? Entahlah. Sangat tergantung bagaimana mereka meramadhankan jiwa mereka. Bila ramadhan kali ini mampu meramadhankan jiwa mereka, mungkin saja. Apapun jawabannya, mari kita berdoa agar para Bang Toyib pulang lebaran ini.


Comments

  1. ya biar gimana harusnya pulang ya.kasihan anak isteri di rumah.

    ReplyDelete
  2. @Anak Nelayan, selamat mudik ya sobat. TTDJ
    @Sang Cerpenis, hehe, emang tau lagu Bang Toyib mbak ? Iya aja deh.

    ReplyDelete
  3. Ya mbak.., semoga kali ini Bang Toyib pulang... Rupanya mbak Elly masih inget dg bang Toyib, di saat yg lain sudah mulai sibuk menyambut Idul Fitri ya..? :)

    ReplyDelete
  4. mudah2an cukup ongkos dan ada sehat, Yuk. Kalo ada 2 itu, insyaAllah Bang Toyib pulang lah.... hehe. Kecuali kalo emang dia udah punya keluarga baru di perantauan (oops! :P )

    btw, lagu 'bang toyib' kan sbnrnya plesetan lagu 'Yaa Toybah'. Nadanya persis, cuma ganti lirik aja

    ReplyDelete
  5. @Catatan Kecilku, he, justru krn mau lebaran saya jadi ingat mbak. Ini bentuk keprihatinan saya akan kehidupan orang-orang lain di sekitar saya (tetangga saya, dll). Kalau untuk keluaarga kami sih gampang. Persiapan lebaran standard lah (baju anak-anak, bersih2 rumah, kue kering/basah, pempek, ketupat plus aneka gulainya, dll). Kebetulan klg besar di palembang semua, jadi lebaran ya di Palembang, gak mudik kemana-mana, hehe.
    @De Asmara, hahaha. Betul Des.

    ReplyDelete
  6. semoga pulang ya mbak.. soalnya kalo nggak pulang lagunya jadi ganti.. empat kali puasa empat kali lebaran abang nggak pulang-pulang..

    ReplyDelete
  7. q sampaikan salam sebelum mudik,Salam aidilfitri ya ....

    ReplyDelete
  8. dik.. nih abang pulang... hehhehe..
    nice post mbak...mengena tuch post nya.. Wakakaka..
    salam kenal yach mbak... :)

    ReplyDelete
  9. @Gaphe, haha, iya, amin
    @Ahmad Flamboyant, selamat mudik Ahmad.Salam.
    @PointBlank-id, terimakasih. Salam kenal juga.

    ReplyDelete
  10. yah... aku ikut dukung doa aja mbak... nitip salam buat Bang Toyib...

    ReplyDelete
  11. Mampit pamitan mau mudi, bunda. Saya akan bantu beritahu bang Toyib kalo ketemu di jalan hehehehe...

    ReplyDelete
  12. @AG.Tjahyadi, hehe, saya malah mau titip salam
    @Ivan, hahahaha, dasar Ivan. Selamat mudik ya.

    ReplyDelete
  13. aku pengen mudik pulang kampung,,,tapi kemana yah kampungku??? udah berubah jadi bangunan pabrik dan gedung2 bertingkat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts