Hari Yang Sempurna Untuk Melesat

Sebuah hari yang mendung sejak pagi tiba di hadapan seseorang. Dia yang sejak tadi menggelepar saja di pembaringan. Jangan tanya kenapa sekarang dia menggelepar. Mungkin lelah dengan ritual malam Jum'atan semalam, hm, entahlah. Di luar matahari tak jelas berada dimana, sudah setinggi apa. Dia tertutup awan. Maka sepenuh hari itu telah melahirkan ide di benak sang seseorang tersebut. Ya, mau apalagi. Tidak ada pilihan lain, ini hari yang sempurna untuk melesat. Melesat dengan indah, harapannya.

Lesatan pertama, dapur. Dia berkutat sejenak disana. Memasak air. Membuat secangkir kopi dan secangkir teh. Juga membuat teman kopi dan teh itu hingga layak disebut sarapan yang sekenanya. Sarapan bersama keluarga. Ini lesatan pertama.

Lesatan kedua, membuka laptop bututnya. Inilah melesat yang sesungguhnya baginya. Disini dia bisa melesat kemana saja. Tadi baru saja melesat ke sosok Lena Maria Klingvall. Penyanyi gospel yang terlahir tanpa lengan, dengan kaki yang juga tidak utuh. Lena Maria yang telah membuat air matanya meleleh. Betapa keterbatasan tidak membuat seseorang jadi lemah. Lena Maria Klingvall, telah menunjukkan bakat besarnya (penyanyi, sekarang juga menulis). Lena Maria Klingvall yang sinar matanya selalu tersenyum. Seakan memberi senyumnya kepada siapa saja untuk selalu melesat dengan indah.

Setelah ke Lena Maria, lesatan ketiga, ia membuka sitenya sejenak. Menyapa beberapa sahabat, hingga tersadar ada permintaan sahabat yang belum ia penuhi. Tag 7 Buku Yang Mempengaruhi Hidup dari mbak Fanda. Mohon maaf, bila tag ini dikerjakan tidak sesuai harapan mbak Fanda. Buku yang mempengaruhi hidupnya, rasanya lebih dari 7 buku. Tapi tidak semua yang mempengaruhi hidupnya masih disimpan sekarang. He, cara dia mungkin aneh dibandingkan orang lain. Dia tidak menjadikan buku sebagai panduan yang selalu dibuka kapan saja. Buku yang mempengaruhinya, setelah dibaca, efeknya tersimpan di jiwa. Setelahnya buku tersebut malah raib entah kemana. Ada yang dipinjam orang tidak kembali. Ada juga yang diambil pemiliknya karena buku itu buku pinjaman. Tetapi...., meski buku-buku itu tak lagi bersamanya, pengaruhnya tetap tinggal di jiwa. Antara lain, Ayah dan Ibu-Naquib Mahfouz, Si Tolol Gimpel-Isaac Bashevis Singer, Bumi Yang Subur-Pearls S.Buck. Sedangkan buku yang mempengaruhi hidup dan sampai sekarang masih ada bersamanya, ya "Kehidupan" ini (selain Al Qur'an). Inilah yang selalu dia baca. Kehidupan dimana kita bisa mengambil hikmah tentang banyak hal. Gambar di bawah ini adalah beberapa buku yang disukainya. Buku yang ia turunkan dari rak bukunya.



Lesatan keempat. Menikmati lagu Savanne lagi, sambil mencari gambar setiupan bunga ilalang yang tergeletak di meja. Sayangnya gambar ilalang yang seperti dia inginkan belum didapat. Akhirnya cuma melesat ke Savanne, menceburkan diri di padang rumput luas dengan beberapa pohon yang menyembul seadanya. Juga beberapa zebra. Savanne yang menghangatkan jiwa.

Begitulah sebuah hari yang sempurna untuk melesat. Melesat di hari libur memang lebih leluasa. Hari libur yang cukup panjang telah tiba. Mari melesat menikmati hari libur ucapnya. Sekejab setelahnya seseorang tadi sudah menghilang. Tak jelas melesat kemana dia. Saya tutup saja tulisan ini. Selamat menikmati hari libur kawan.

Comments

  1. Saya tidak bisa menikmati hari libur panjang, sebab besok harus masuk ngajar lagi.....

    ReplyDelete
  2. selalu bercerita tentang keseharian seseorang yang penuh inspirasi...
    yah, semestinya kita harus selalu melesat mengikuti waktu yang terus berputar.

    ReplyDelete
  3. Kepenatan setelah Ritual malam jumat tidak mampu membendung keinginan untuk tetap melesat...
    Selamat berlibur mbak...

    ReplyDelete
  4. aku pun ingin melesat
    mencari..
    kemana hati ini bicara
    biarkan aku ke sana

    ReplyDelete
  5. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    Assalamualaikum,
    --Ke tanah abang beli mangga--
    --Harganya 7 juta--
    --Halohaaaaa--
    --Bagaimana kabar saudara?—

    *******Salam ‘Blog’!!*******
    “Melesat, melesat, melesat......... Seharian yang memberikan inspirasi buat saya mba, jadi punya ide untuk membuat puisi lain nih,....”

    Jaga badan selalu, setiap hari, biar tetap sehat, supaya tetap bisa bloging, writing, posting, walking, praying, eating, singing, and ngisssssing, ops…sory…
    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    ReplyDelete
  6. wahahaha melesat bak piring terbang ya bu?sukses deh moga sampai ..... dan seneng di liburanya....met maulid nabi juga bu!!!

    ReplyDelete
  7. melesat kemana sore ini MBak ? aktivitas yang kaya manfaat..., untuk diri pribadi, juga untuk sahabat2 yang rajin 'membaca'mu....seperti aku... Terima kasih sudah selalu 'melesat' untuk aku Mbak...

    ReplyDelete
  8. Aku segera melesat kesini setelah pulang dari melesat ke toko buku, mbak. Dan ternyata tag-nya udah dikerjakan dengan sangat menarik. Makaih ya mbak Elly!

    ReplyDelete
  9. Andai aku bisa ikutan melesat juga...

    Met long weekend yah.. ^^

    ReplyDelete
  10. rasanya saya lebih senang melesat di malam hari.., maksudnya melesat ke blog teman-teman.., berhubung hari libur yang panjang ini jadinya lesatan jadi lebih sering..,

    ReplyDelete
  11. happy long weekend mba ^^

    semoga setelah ini kita kembali fresh dan siap menjalani kembali rutinitas kita :)

    ReplyDelete
  12. Salam maulidurrasul mbak. Selamat libur tapi, saya terkubur liburnya. Tadi *tadi apa kemarin yah mbak? sekarang jam 3 lebih waktu Malay* tadi malam, saya melihat kemarahn dan menuju kepada saya, duh sedihnya mbak* :((

    Beberapa hari terakhir, emang pengen nulis tentang orang itu dengan menggunakan "bias kata" pada ceritanya. tapi, melihat amarahnya, ingin kutuang segala benci yang mengubur di dalam diri. Segitu parahnya.. tapi, saya sekarang biasa aja. Sedihnya, kalau ngelihat muka amarah yang menyinga :(( :(( juga, kalau mengingatnya so sweet, asli nangis kuda mbak

    ReplyDelete
  13. Benar-benar hari yang sempurna untuk melesat...

    ReplyDelete
  14. klo aku melesatnya mulai malam sampai pagi, siang melesat buat nyelesain tgs2, sorenya melesat ke alam mimpi, balik lg deh mulai malam. buat yg melesat selamat deh, moga2 lancar semua...

    ReplyDelete
  15. melesat dalam ragu
    tunggu
    aku punya serubu rindu...

    ReplyDelete
  16. @all (Stiawan, Fi, Hendriawanz, Aviorcief, Aditya, Sekar Lawu, Fanda, YoliZ, Awaluddin Jamal, SeNja, Anazkia, Ivan, j4j, Seiri Hanako, semua), terimakasih komentarnya. Maaf setelah memposting tulisan ini saya melesat ke dunia nyata, jadi tidak bisa menyapa teman-teman secara leluasa di postingan ini. Semoga perlesatan kita di semesta ini mendapat kebarokahan dan mendapat ridhoNya. Anazkia, he, maaf, saya gak begitu jelas, nanti lewat YM ya na.

    ReplyDelete
  17. aktifitas yang penuh makna bu, eh iya jadi inget aku juga dapat tag itu dari mbak fanda

    ReplyDelete
  18. selamat libur panjang....
    selamat kena tag :)
    n selamat melesat,hehe...

    ReplyDelete
  19. Wah..hari libur memang benar2 membuat Bunda Elly melesat kencang. Selamat buat tagnya & met wiken...

    ReplyDelete
  20. kayak anak panah. melesaat. hehhe met wiken, mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts