Renungan Tentang Newsoul, Sayangi Dirimu



Malam mulai meringkuk lagi sobat. Untungnya, tidak hujan malam ini. Lalu, tanpa bisa saya hindari, tiba-tiba saja saya ingin menulis sesuatu. Maka, he, terpaksa buka laptop lagi lalu mulai menulis dengan judul di atas.



Ya, Newsoul-Sayangidirimu, itulah nama url blog ini. Saya buat pada awal bulan Maret tahun ini. Seperti setiap url, nama itu memiliki kisahnya sendiri. Tulisan ini tentu bukan bermaksud untuk mereview blog ini. Sekedar bercerita kenapa saya memakai kata-kata itu sebagai nama url blog saya. Selain itu, juga untuk mengajak kita semua agar menyayangi diri kita.

Berdasarkan pengalaman hidup saya, saya percaya saya yakin bahwa yang pertama kali harus menyayangi diri kita adalah kita sendiri. Setelah itu barulah orang lain akan bisa menyayangi kita. Bagaimana caranya, dengan selalu mengintrospeksi diri kita secara tulus dan jujur. Bila kita jujur merenung, maka kita akan tau apa saja kekurangan kita, apa yang saja kelebihan kita. Bila kita menyayangi diri sendiri secara tulus dan jujur, kita tidak akan berbuat nista dan aniaya. Pahami diri kita dulu, barulah meminta orang lain memahami diri kita.

Bila kita sedang memiliki masalah, tidak bahagia, maka kitalah yang terlebih dahulu harus menganalisanya. Mungkin ada ketidaktepatan perbuatan yang kita lakukan. Mungkin kita salah memahami hidup, dan mungkin-mungkin yang lain. Setelahnya insyaallah jiwa akan akan lumayan tenang. Dan kita akan memiliki cara yang benar dalam mengatasi masalah kita. Bila kita ingin bahagia, maka buatlah hati kita bahagia. Mudah-mudahan kita tidak akan dengan mudahnya berkeluh kesah, atau curhat sana-sini tentang kesulitan kita, masalah RT yang kita alami. Dengan begitu kemungkinan kita akan membuka aib suami/istri/sahabat kita menjadi berkurang.

Ya, saya cuma ingin mengatakan. Sayangi diri kita dahulu sebelum kita meminta orang lain menyayangi kita. Sayangi diri kita dahulu, dengan begitu akan lebih mudah bagi kita untuk menyayangi orang lain. Mengertilah diri kita dahulu, sebelum kita meminta orang lain mengerti kita. Pahami diri kita dahulu, sebelum kita meminta orang lain memahami kita. Menjadi bijaksanalah sebelum kita meminta orang lain untuk bijaksana kepada kita. Selebihnya curhatlah kepada Dia, Sang Pemilik Segala Perkara. Dialah tempat kita berkeluh kesah. Bila sekedar ingin berbagi, menumpahkan uneg-uneg supaya plong, carilah sahabat yang bisa anda percaya. Sahabat yang memiliki cara hidup yang benar tentunya.

Begitulah sedikit tentang Newsoul-Sayangidirimu. Saya yakin, setiap kita memiliki pendapatnya sendiri. Saya cuma bisa berkata, Setiap diri, ayo sayangi dirimu secara jujur. Ayo bangkit. Semesta ini terlalu indah untuk sekedar kita jadikan sampah tempat kita berkeluh kesah. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Bila kita memikirkan kebaikan untuk diri kita dan orang-orang sekitar kita secara tulus dan sungguh-sungguh, maka energinya akan berpendar pada semesta dan berpulang kepada kita menjadi kenyataan. Tulisan inipun dibuat dengan harapan agar setiap kita berta'aruf terhadap diri sendiri dalam kebaikan. Semoga ada hikmahnya. Selamat malam semua.

Gambar diambil dari sini

Comments

  1. Benarkah aku yang pertama kali ini, bunda?

    ReplyDelete
  2. Sebuah renungan yang merefleksikan kesadaran dan kebijakan. Ya, sayangi diri sendiri sebelum mengharapkan orang lain atau alam sekitar menyayangi diri kita.

    ReplyDelete
  3. ayo sayangi diri..smangaaaaddd...sambut yang baru dengan baru semua heheh
    ibu kangenn

    ReplyDelete
  4. oh..jadi artinya itu toh mbak. sip..sayangi diri kita sendiri. dengan bekal itu lah kita akan mampu menyayangi orang lain

    ReplyDelete
  5. Menyayangi diri sendiri, semoga itu menjadi tanaman hati. Insya Allah :)

    Alhamdulilah mbak, saya udah di Malaysia.. Ternyata, kita belum berjodoh untuk berjumpa.

    ReplyDelete
  6. Makasih mbak.., aku akan lebih menyayangi diriku sendiri lebih dari sebelumnya dan semoga aku dapat menyayangi orang lain lebih banyak lagi...

    ReplyDelete
  7. Memulai dari sendiri adalah langkah yg paling benar sekaligus arif dalam merengkuh kebahagiaan...
    Refleksi yg dalam Mba..

    ReplyDelete
  8. bagaimana kita bisa menyayangi orang lain kalau kita sendiri belum bisa menyayangi diri kita sendiri. Betul? :D

    ReplyDelete
  9. Betul mbak, kita ga bisa mengharapkan sesuatu dr org lain sebelum kita memebrikannya terlebih dahulu.

    Mbak Elly, aku men-tag mbak. Lihat di Curhat Fanda ya

    ReplyDelete
  10. KONTEMPLASI YANG INDAH MBAK, YAH BELAJAR MENYAYANGI DIRI SENDIRI IBARAT GAJAH DI PELUPUK MATA YANG TAK TAMPAK HEHE. MET TAHUN BARU MBA NEWSOUL

    ReplyDelete
  11. hhm..rupanya itu yg membuat blog ini pake url sayangidirimu. tapi bener, mbak. kalo sama diri sendiri gak mau sayang, apalagi sama orang lain ya.

    ReplyDelete
  12. ini lah yg trkadang membuat saya brtngkar ma mantan pacarku...
    jiKa z hnya menyayangi diri'y sdngkan diri z sndiri tdk z sayang...

    ReplyDelete
  13. suduh cukup sayangkah saya sama diri saya sendiri? mungkin saya perlu berkaca diri lagi...
    terkadang kita rancu menterjemahkan sayang terhadap diri, dengan memuaskan ego diri. semoga kita ngga termasuk kategori yg kedua.
    terimakasih telah memposting hasil kontemplasinya, yuk...

    ReplyDelete
  14. Yup...saya setuju,semesta ini terlalu indah bila sekedar di jadikan tempat sampah untuk berkeluh kesah..

    Met tahun baru bun...semoga tahun depan kita lebih menyayangi diri sendiri..

    ReplyDelete
  15. Nama yg penuh makna dan arti mba,setiap masalah hanya kita yg tahu solusinya,dng menyayangi diri sendiri berarti kasih sayang bertebar untuk orang lain.

    Seperti halnya blog saya pun mba ,bagiku ada arti tersendiri yaitu dengan kata SABARYA berarti kita saling menyabarkan satu sama lain .

    Selamat tahun baru 2010.

    ReplyDelete
  16. makna sebuah nama blog yg bagus sekali mba,...trima ksh sekali lg tulisan mba membuatku berpikir dan membangkitkan sesuatu yg positif buat ku.

    kalo url ku irmasenja ya karena nama aku aja mba hehe,...

    ReplyDelete
  17. hmmmm, tenang bund, aku kan selalu sayang sama diriku [berusaha], hehehe

    klo makna blog aku apa yah, jombloku, berarti jomblo tyus yah xixixi, kasian dech !

    ReplyDelete
  18. @all, terimakasih komentarnya, Ya, mari kita menyeyangi diri kita secara tulus dan jujur, sebelum kita berinteraksi dengan semesta. Maaf baru buka blog lagi. Insyaallah saya akan segera meluncur mengunjungi anda semua. Newsoul-sayangidirimu, dengan jiwa yang selalu baru, mari kita sayangi diri kita.

    ReplyDelete
  19. mari kita perbaiki segala tingkah lau dan kualitas hidup kita

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts