Bejo Tertawa Di Malam Jum'at

Malam perlahan-lahan beranjak di suatu kota nun jauh disana. Di salah satu rumah di kota itu, seorang laki-laki bernama Bejo sedang tertawa saat ini. Waktu sudah menunjukkan pukul sepuluh malam. Saat ini hari di kalender menunjukkan tulisan Kamis. Kalau hari ini kamis, maka besok adalah hari jum'at. Artinya, malam ini adalah malam jum'at. Entah jum'at kliwon atau pahing atau legi, Bejo tidak tau pasti. Tiba-tiba, wakakak........Bejo tertawa lagi melihat tayangan kesayangannya di televisi.

Ya Bejo atau siapapun berhak tertawa dengan alasan mereka masing-masing. Menurut Bejo ada banyak alasan orang tertawa. Pertama karena senang, ini disebut tawa bahagia atau tawa girang. Kedua karena ada sesuatu yang lucu, ini disebut tawa senang juga.... tapi lebih sering disebut ngakak. Ketiga karena ada sesuatu yang datang tiba-tiba, lalu membuat geli sendiri, ini disebut tawa tergelitik, ada yang menyebutnya senyum-senyum sendiri. Itulah alasan-alasannya, setidaknya ini menurut Bejo.

Seseorang datang mengabarkan gaji anda naik, pasti anda (meski malu-malu) tertawa, inilah tawa bahagia. Anda nonton extravaganza, atau opera van java, melihat banyak kelucuan yang membuat anda terpingkal-pingkal, inilah tawa karena lucu atau disebut ngakak tadi. Seseorang lewat di hadapan anda, rupanya ada yang tidak beres pada dirinya tanpa ia sadari, misalnya risleting lupa ditarik, atau hal-hal konyol lain, pasti anda akan tertawa tergelitik akan hal ini. Anda akan senyum-senyum sendiri. Begitulah. Setiap orang punya pendapat dan alasan sendiri tentang hal ini.

Begitupun Bejo malam ini. Lihatlah, sayang anda tidak bisa melihatnya, sekarang dia sedang senyum-senyum sendiri. Sekitar 20 menit sebelumnya bukankah dia sedang tertawa terpingkal-pingkal melihat melihat tayangan lucu di televisi. Ya pasti ada banyak alasan Bejo tertawa di malam jum'at ini. Yang pertama tadi, jelas karena dia melihat hal yang lucu. Sedangkan yang kedua, senyum-senyum sendiri tadi, .....mari kita tanya Bejo.

Setelah seseorang mendesaknya, akhirnya mau juga Bejo menjawab mengapa dia tertawa-tawa kecil, alias senyum-senyum sendiri tadi. Inilah jawaban bejo....karena besok hari Jum'at, artinya weekend sudah di depan mata. Besok Jum'at, maka biasanya keesokan harinya lagi adalah Sabtu dan minggu, weekend lagi. Saatnya untuk santai, melepaskan kejenuhan pekerjaan. Alasan kedua bejo, (he, jangan ngiri ya), ini adalah malam jum'at dimana dia akan mengajak istrinya untuk melakukan sesuatu yang mereka sebut "Sunnah Rasul". Seseorang itu kaget demi mendengar alasan bejo. Astaga. jadi inilah alasan bejo tertawa sendiri, senyum-senyum kecil di malam jum'at ini...? Dasar Bejo !

Begitulah Bejo yang sedang tertawa di malam jum'at ini. Apakah anda sedang tertawa juga seperti Bejo ? Bila iya selamat, anda memiliki alasan tertawa, anda pasti sedang bahagia. Bila tidak, bila memungkinkan, mari kita cari alasan untuk tertawa, meski dengan alasan yang berbeda dengan alasan bejo. Sebab tertawa itu akan membuat bahagia jiwa, merelakan syaraf-syaraf tegang anda. Dengan tertawa, akan membuat otak kita lebih fresh, sehingga jadi pengantar kita menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi, katanya. Mari kita tertawa selagi kita bisa tertawa. Mari kita renungkan bersama. Oh ya, maaf postingan ini tanpa gambar, sebab Bejo keberatan gambarnya yang sedang tersenyum saya tampilkan disini.

Comments

  1. kekekekek...aku juga tertawa ama yang akan malem jumat...hehehhehe...selamat malem jumat mbak...hheheheehhe.
    nggak biasanya neh mbak mosting malem2 gini, malem jumat lagi, bikin ngiri...xixixxiixii

    ReplyDelete
  2. Bener2 "Bejo" nih. Udah senyumnya bisa masuk blog, mejeng...bisa segera weekend lagi..hehehe

    ReplyDelete
  3. addoowww.... malam jumat jadwalku maen futsal... jadi aku ketawa-ketawa dan keringatan di lapangan futsal aja.... hehehheheeh

    Jo..bejooo... met malam jumatan deeehhh...

    ReplyDelete
  4. mbak..hi,hi
    judulnya berbau mistik
    sedikit menakutkan pada awalnya
    tapi dibuat ketawa akhirnya
    iya, bejo kalo kita masih bisa tertawa
    ngga bejo jadinya kalo kita kehilangan tawa
    bejo tertawa di hari Jum'at
    mungkin akan terdengar tawanya di hari lain juga..

    Hidup Bejo!!

    ReplyDelete
  5. bejo,... alasannya tertawa boleh juga deh. Koq sama yah jadwalnya ama saya.

    ReplyDelete
  6. semua bentuk kesenangan , kesedihan ...semua pasti beralasan. entah karena alasan itu patut kita tiru atau malah kita benarkan.menangis dan tertawa itu adalah nurani manusia mungkin ada sejak nabi adam tecipta , hingga kini atau bahkan hingga nanti..

    ReplyDelete
  7. Tertawa itu menyehatkan mbak..benar kata bejo..bsk weekend...byk waktu buat bersantai..

    ReplyDelete
  8. kapanpun, apapun alasannya.Mumpung ketawa belum dikenakan pajak dan retribusi, marilah kita ketawaa.....

    ReplyDelete
  9. aku juga mau ketawa ah, yang lain wiken, aku malah lembur, sabtu minggu di mall..hahaha

    ssttt jangan bilang-bilang ya mba, hari ini aku gak posting, sengaja mancing yayank yang lagi mau komen di artikel trakhirku, hehe

    ReplyDelete
  10. Dasar Bejo! Tapi memang kalo kita selalu bisa menemukan satu saja hal yg bisa membuat kita tersenyum, apalagi di awal hari, maka setiap hari akan menjadi hari yg indah. Moga2 hari ini juga hari yg indah buat mbak Elly, apalagi saya sudah datang membawa tawa renyah saya di sini...

    ReplyDelete
  11. @all, terimaksih komentarnya. Bejonya udah kerja. Dia berangkat kerja dengan semangat 45, mgkn krn bahagia, hehe. Salam aja katanya buat anda semua.

    ReplyDelete
  12. si bejo gokilll, tp bener juga kata bejo, aku setuju sm bejo :p

    ReplyDelete
  13. Gak cuma Bejo, saya juga tertawa2 sendiri membaca kisahnya eh, salah nding, senyum2 sendiri hehehe..

    Aneh, ko banyak yang minat sama Bejo yah...??? Fuazi, fans berat Bejo, mbak Elly, penggemarnya dan saya juga menyukai Bejo. Wekekeke... ngaco ah...

    ReplyDelete
  14. @Dunia polar, siip
    @Anazkia, he, pasti belum ngeh kan sm ritual malam jum'atan. Itulah yang bikin buwel, mas Yudie, bang Iwan mesem2 tadi. Pokoknya salam kenal aja dr si Bejo.

    ReplyDelete
  15. kalau tidak punya alasan untuk tertawa atau sekedar tersenyum, wah.... ada gejala penyakit jiwa datang melanda

    ReplyDelete
  16. whehee....
    wek wek..
    jo bejo...
    asiknya yg masih bisa ketawa...
    *lagi susah ketawa nih jo..*

    ReplyDelete
  17. he he he..bejo.bejo..
    hati yg gembira memang obat lho.

    ReplyDelete
  18. yahhh mbak....sekarang udah jum'at...telat yahhh.......ya udah kamis depan lagi dehhh... hihiihih..

    ReplyDelete
  19. malam jum'atku berlalu begitu saja karena istri sedang jauh di sana :D

    ReplyDelete
  20. alasan yang pas untuk tertawa, bejo bisa aja!! malam2 yg lainnya ngapain aja si bejo...?

    ReplyDelete
  21. Mbak, Bejo yang kirim buku untuk saya lum punya bojo lho hehehe... lagi2, saya harus tersenyum mengingat Bejo :)

    ReplyDelete
  22. ha ah ah ha ha hahaha ahhahah
    moga2 dapat tertwa terus

    ReplyDelete
  23. mampoir lihat bejo...heheheheh

    ReplyDelete
  24. hahahhaa, mbak elly judulnya bikin aku mau ketawa juga

    ReplyDelete
  25. malam jumaat memang bagus untuk ahli ibadah dan juga ahli suami isteri ;-)

    ReplyDelete
  26. Padahal aku pengen lihat fotonya mas Bejo saat tertawa bahagia lho...
    Aku sudah tertawa malam ini, mbak... tertawa bersama mas Bejo hehehe

    ReplyDelete
  27. wkwkwkkwkwkw,,, saya belum bisa sunah rosul nih mba :P

    ReplyDelete
  28. @all, terimakasih komentarnya. Salam dari bejo. Khusus buat Jonk, kata bejo cepetan...., biar bisa segera sunnah Rasul, hehe.

    ReplyDelete
  29. hahahahahahaha.... saya punya teman namanya juga bejo...dan sama persis jadwalnya malam jum'at... jangan2 bejo yang sama :-??

    ReplyDelete

Post a Comment

Hanya tulisan biasa, hasil kontemplasi soal apa saja. Mohon maaf, komentarmu perlu saya cerna dulu untuk menghindari riweh dan tidak spam. Terimakasih.

Popular Posts